Minggu, 25 Agustus 2019

Besaran Zakat Fitrah 2019 untuk Kabupaten Merangin


Kamis, 16 Mei 2019 | 16:19:20 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MERANGIN-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Merangin bahas besaran zakat fitrah 2019 ini. Besaran zakat ini dibahas Kamenang bersama MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat, Baznas, lembaga adat dan Dinas Koperindag Merangin.

Marwan Hasan, Kepala Kamenag Merangin mengatakan ada dua keputusan penetapan besaran zakat fitrah 2019 ini. Pertama boleh dibayar dengan beras dan kedua boleh bayar zakat fitrah dengan uang yang jumlahnya disesuaikan dengan harga beras saat ini.

"Untuk zakat fitrah dengan beras itu 2,5 kilogram perjiwa itu berdasarkan Mazhab Syafi"i. Sedangkan berdasarkan Mazhab Hanafi boleh zakat fitrah diganti dengan uang yang besarannya sama dengan nilai beras yang dikonsumsi sehari-hari," jelas Marwan Hasan.

Terkait zakat fitrah dengan uang dituturkan Marwan ada tiga tingkatan yakni tinggi, sedang dan rendah. Untuk tertinggi yakni Rp 57.000, sedang Rp 47,500 dan rendah Rp 30,499 perjiwa.

Penetapan besaran uang untuk zakat fitrah itu, lanjut Marwan berdasarkan survei harga beras di pasar saat ini yang disesuaikan dengan kualitasnya.

"Itu juga kita bahas bersama instansi terkait yang mengetahui harga beras saat ini, disamping kita mendengar pendapat ulama dan tokoh masyarakat," ujarnya.

Hasil pembahasan besaran zakat fitrah tersebut dikatakan Marwan akan disampaikan dan ditetapkan oleh ke Kanwil Kemenag di Jambi.

"Hasil rapat kita sampaikan ke Kanwil Jambi untuk penetapan secara bersama. Hasil penetapan itulah nantinya yang kita umumkan ke masyarakat," kata Marwan Hasan lagi.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments