Kamis, 21 Maret 2019

SDIT Nurul Ilmi Jaring Calon Siswa

Lakukan Seleksi Kematangan Siap Belajar

Senin, 11 Maret 2019 | 14:22:20 WIB


Suasana belajar siswa SDIT Nurul Ilmi Jambi
Suasana belajar siswa SDIT Nurul Ilmi Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Ilmi Jambi melakukan seleksi kematangan siap belajar bagi calon siswa yang ingin menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Penjaringan ini dilakukan SDIT Nurul Ilmi unit I yang berada di jalan Yulius Usman Rt 18 Kelurahan Pematang Sulur, Telanaipura atau unit 2 di jalan Beradat Rt 16 Kelurahan Kenali Besar, Alam Barajo, Sabtu (09/03) lalu.

Kepala SDIT Nurul Ilmi unit I, Tatang Suhandar mengatakan, penjaringan dilakukan untuk melihat kematangan calon siswa nantinya yang akan diterima, baik emosional maupun kemandirian dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan bisa melakukan kegiatan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. "Karena, siswa harus siap dilepas orangtua selama di sekolah," katanya.

Selain itu, usia calon siswa juga harus memenuhi untuk diterima dijenjang pendidikan sekolah dasar, batas minimal usia 5 tahun 10 bulan dan harus dengan rekomendasi guru kelas atau psikolog. "Kalau membaca tidak dituntut dalam syarat penerimaan murid SD," imbuhnya.

Sekolah juga membatasi jumlah yang mendaftar sebanyak 274 orang untuk sekolah unit I dan unit 2 yang mendaftar sebanyak 154 orang. Pembatasan ini dilakukan karena jumlah ruangan belajar yang disediakan terbatas. "Jadi yang belum diterima nantinya mohon maaf," ujarnya.

Dengan penjaringan ini, ia berharap, ketika memang seleksi dilakukan kesiapan siswa untuk mengikuti belajar lebih diutamakan, dan lebih bersinergi setelah ini dengan orangtua.

"Karena, setelah ini orangtua juga akan dilakukan wawancara sebelum anaknya kita terima," ungkapnya.

Ketua Yayasan Nurul Ilmi Jasrul menambahkan, penerimaan siswa baru dilakukan perjenjang untuk mengoptimalkan penjaringan, sehingga siswa yang terpilih nantinya benar- benar sesuai dengan yang diharapkan.

"Kalau pertama TK, saat ini SD, kemudian nanti menyusul jenjang SMP dan SMA," katanya.

Menurutnya siswa peminat Nurul Ilmi jumlahnya membludak, baik dari Kota Jambi maupun luar kota dan luar Jambi. Namun pihaknya membatasi siswa yang diterima mengingat kapasitas daya tampung kelas terbatas. "Kita menerima siswa yang benar- benar siap mengikuti pendidikan," tegasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments