Senin, 20 Mei 2019

Sakit, Satu Siswa SMK Nusantara Tak Ikut USBN


Senin, 11 Maret 2019 | 22:11:14 WIB


Suasana USBN di SMK Nusantara Kota Jambi
Suasana USBN di SMK Nusantara Kota Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMK dilaksanakan selama sepekan, 11-19 Maret mendatang. USBN digelar untuk mengisi nilai akhir sekolah di samping nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nantinya.

Saat ini, USBN juga tengah dilaksanakan di SMK Nusantara Kota Jambi. "Peserta USBN SMK Nusantara sebanyak 40 siswa," ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Nusantara, Adrianus, Senin (11/03).

Menurutnya, pelaksanaan USBN di sekolahnya diikuti seluruh siswa-siswi Kelas XII dari dua jurusan, yakni Jurusan Akuntansi dan Jurusan Pemasaran. “Hari pertama ujian mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),” jelasnya.

Dikatakannya, tidak semua siswa dapat mengikuti ujian di sekolah atau bersama rekan-rekannya sesuai jadwal. “Ada satu siswa atas nama Reggi Naru tidak ikut USBN bersama temannya karena sakit. Reggi sudah satu minggu di opname di rumah sakit," katanya.

Karena alasannya jelas, pihaknya memberikan keringanan kepada Reggi untuk mengikuti ujian susulan apabila sudah sembuh. Hal ini agar tidak membebankan siswa bersangkutan yang saat ini terbaring lemah di RS. "Perlakuan siswa peserta USBN tetap sama," imbuhnya.

Di samping itu, pelaksanaan UNBK nantinya juga menyusul setelah USBN. Sekolah juga memberikan keringanan ujian susulan atau memberikan kesempatan ujian dimana siswa berada apabila belum sembuh. "Sekolah akan jemput bola agar semua siswa bisa ikut ujian," paparnya.

Ia berharap pelaksanaan USBN maupun UNBK nantinya berjalan lancar dan siswa dapat mengikuti dengan baik tanpa mengalami kendala serta mendapatkan hasil memuaskan. "Karena kita sudah siapkan sajak jauh-jauh hari," ungkapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments