Sabtu, 11 Juli 2020

Ditreskrimum Polda Jambi Gelar Pelatihan Olah TKP


Senin, 11 Maret 2019 | 16:47:37 WIB


Direktur Reskrimum Polda Jambi AKBP M. Edi Faryadi saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan olah TKP
Direktur Reskrimum Polda Jambi AKBP M. Edi Faryadi saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan olah TKP / Humas Polda Jambi

JAMBI - Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan tempat kejadian perkara (TKP) dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Keberadaan saksi tentu saja akan sangat membantu, akan tetapi bisa saja sebuah peristiwa pidana terjadi tanpa ada saksi yang bisa dimintai keterangan.

Untuk mendukung kualitas pengungkapan kasus, Direktorat Reserse Kriminal Umim (Ditreskrimum) Polda Jambi, Senin (11/3), menggelar lelatihan olah TKP serta pengenalan kendaraan roda empat dan peralatan pendukung Inafis najaran Polda Jambi.

Direktur Reskrimum Polda Jambi AKBP M. Edi Faryadi saat membuka sekaligus memberikan sambutan pelatihan menyampaikan, bahwa identifikasi memiliki peran penting dalam sebuah pengungkapan kasus.

Didampingi oleh Kanit 3 Siident Ditreskrimum Polda Jambi AKP Firdon Marpaung, Edi menyampaikan materi tentang Olah TKP dan Gelar Riksa Identifikasi. Di depan anggota Reskrim dan operator peralatan Identifikasi dipaparkan tentang peralatan Identifikasi.

Pada pelatihan ini juga dilakukan tutorial penggunaan peralatan identifikasi, seperti Mambis dan Portable System.

Edi menekankan pentingnya penanganan tempat kejadian peristiwa (TKP) yang profesional. Hal ini diawali dengan tindakan pengamanan TKP, agar kondisi TKP status quo.

"Artinya, tidak ada perubahan sebagaimana pertama kali TKP dilihat atau ditemukan. Sehingga di TKP tidak terjadi kerusakan, tidak ada kehilangan alat bukti, perubahan letak, juga penambahan atau pengurangan item yang ada," ujarnya.

Dikatakannya lagi, tindakan yang dilakukan penyidik di tempat TKP, baik secara perorangan maupun dalam ikatan kelompok adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses penyidikan. Ini adalah langkah awal untuk dapat mengungkapkan tindakan pidana yang terjadi.

Tempat kejadian perkara merupakan salah satu sumber keterangan yang penting dan bukti-bukti yang harus diolah dalam usaha untuk mengungkapkan tindak pidana.

"Sehingga kemampuan dan penguasaan teknik maupun taktik kriminalistik penanganaan tempat kejadian perkara sangat diperlukan bagi setiap penyidik guna memungkinkan berhasilnya penyidikan," tandasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments