Kamis, 21 Maret 2019

Belasan Hektare Sawah di Kerinci Alami Puso


Selasa, 12 Maret 2019 | 16:13:51 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Hujan yang terus melanda Kabupaten Kerinci beberapa pekan terakhir mengakibatkan belasan hektare sawah terendam banjir. Bahkan sejumlah sawah yang sudah ditanami padi mengalami Puso.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural Kabupaten Kerinci, terdapat belasan hektare sawah di dua kecamatan, yakni Bukit Kerman dan Danau Kerinci, yang terendam banjir.

Kasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan Holtikultural Kerinci, Imelda, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa ada 6 desa di dua kecamatan yang lahan pertaniannya terendam banjir.

"Sampai 5 Maret 2019, data yang masuk ke kita lahan sawah terendam banjir itu di Desa Pendung Talang Genting, Koto Tengah, Pasar Sore, dan Tanjung Tanah di Kecamatan Danau Kerinci, kemudian Desa Karang Pandan dan Pangasi Lama di Kecamatan Bukit Kerman," sebut Imelda, Selasa (12/3).

Dikatakannya lagi, untuk luasan lahan terendam banjir di dua kecamatan yakni Kecamatan Danau Kerinci 13 hektare, sedangkan Kecamatan Bukit Kerman 6 hektare.

"Untuk yang terkena puso di Danau Kerinci 8 hektare, sedangkan Bukit Kerman 6 hektare. Kalau tanaman juga ada yang rusak cuma datanya saya kurang tahu," ujarnya.

Terhadap lahan pertanian yang terkena puso lanjutnya, satu kecamatan sudah diserahkan bantuan yakni kecamatan Bukit Kerman sebanyak 300 Kg. "Kalau untuk kecamatan Danau kerinci belum karena Masih menunggu," tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments