Minggu, 19 Mei 2019

USBN di SMK Fania dan Purnama I Gunakan Android


Selasa, 12 Maret 2019 | 21:07:02 WIB


Siswa SMK Fania Salsabila saat melaksanakan USBN
Siswa SMK Fania Salsabila saat melaksanakan USBN / metrojambi.com

JAMBI - Sejumlah sekolah SMK selama sepekan mulai dari 11 hingga 19 Maret mendatang mengelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

USBN ini dilaksanakan jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada 25-28 Maret mendatang.

Di sejumlah sekolah, pelaksanaan USBN sudah mengunakan sistem android. Ini dilakukan untuk menghemat waktu, serta memudahkan pelaksanaan USBN, tidak seperti menggunakan kertas seperti yang dilakukan SMK Fania Salsabila dan SMK Purnama 1 Jambi.

"Tahun ini, USBN SMK Fania untuk pertamakalinya menggunakan android," ungkap Kepala SMK Fania Arvandi, Selasa (12/3).

Menurutnya, penggunaan android ini, lebih simpel dalam persiapan dan pelaksanaan, karena lembaran soal tidak perlu diperbanyak. "Cukup di download melalui aplikasi ujian SMK Fania," imbuhnya.

Selanjutnya, aplikasi yang di download dibuka dan dimasukkan kode khusus melalui kode QR, dan setiap kode QR untuk satu mata pelajaran yang saat itu diujikan. "Apabila saat ujian keluar dari aplikasi, maka diminta kode baru," ungkapnya.

Namun demikian, pihaknya tetap mengalami kendala seperti pengentrian soal sedikit rumit dan membutuhkan waktu agak lama. "Mungkin terkait jaringan mengakibatkan prosesnya lambat, karena ada 57 peserta ujian di SMK Fania," jelasnya.

Di SMK Purnama 1 Jambi juga sudah menerapkan USBN menggunakan android, sehingga memudahkan sekolah dalam penyelenggaraan, karena setiap siswa sudah memiliki android. "Jadi USBN kali ini, kita memanfaatkan teknologi," kata Kepala SMK Purnama I Jambi.

Sementara itu, pelaksanaan USBN di SMK Revani Indra Putra, masih menggunakan sistem lama yakni kertas, karena belum siap menggunakan sistem aplikasi android. "Ke depan kita berencana ujian di android," ujar Kepala SMK Revani.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments