Minggu, 17 November 2019

Tiga UPTD Samsat Diajukan Sebagai Zona Integritas WBK/WBBM


Sabtu, 18 Mei 2019 | 11:30:40 WIB


Kepala UPTD Samsat Kota Jambi Ariansyah
Kepala UPTD Samsat Kota Jambi Ariansyah / istimewa

JAMBI - Tiga UPTD Samsat di Provinsi Jambi segera diajukan sebagai zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM).

Kepala UPTD Samsat Kota Jambi Ariansyah membenarkan ada beberapa instasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang akan diajukan sebagai zona integritas. Salah satunya instansi yang sekarang ia pimpin.

"Provinsi Jambi tahun ini kalau nggak salah ada 10 instansi akan diajukan sebagai wilayah bebas dari korupsi," ujarnya.

Zona integritas tersebut adalah predikat yang diberikan kepada instansi terkait yang Pimpinan dan jajarannya, mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Di UPTD Samsat di Provinsi Jambi sendiri ada tiga. Yaitu UPTD Samsat Kerinci, Muaro Bungo, dan Kota Jambi. Ada dinas-dinas lain, kalau nggak salah itu PTSP juga, yang lainnya saya lupa, karena yang mengkoordinir itu dari inspektorat," terangnya.

Menurut Ariansyah, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menpan-RB nomor 52 tahun 2014, melalui Inspektorat sekarang dalam tahap pengumpulan dokumen, yang nantinya diakhir bulan Mei 2019 ini akan diajukan ke Menpan RB.

"Kapan Menpan RB (memverifikasi) turun, nanti dikabarin, tentunya ini lebih mengarah kepada standar pelayanan publik," jelasnya.

Menuju WBBM, adalah predikat yang diberikan kepada satuan unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan kualitas pelayanan publik.

"Jadi intinya, zona integritas memang untuk menata suatu instansi itu agar lebih rapi dan tertata sesuai dengan prosedur yang ada, baik itu manajemen perubahan, ataupun secara pengawasan nantinya itu diatur," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi segera mengajukan UPTD Samsat Kota Jambi sebagai zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM).


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments