Senin, 20 Mei 2019

Dicoret Dari DCT, Fauzi Yusuf akan Gugat KPU


Kamis, 14 Maret 2019 | 16:22:06 WIB


Fauzi Yusuf
Fauzi Yusuf / istimewa

MERANGIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin akhirnya mencoret nama Fauzi Yusuf dari Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilu 2019. Fauzi dicoret lantaran kembali duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Merangin setelah memenangkan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi.

Fauzi Yusuf diberhentikan oleh SK Gubernur karena pindah partai, namun Fauzi Yusuf menggugat hal tersebut dengan alasan nomor SK yang tertera dalam surat pemberhentiannya tidak sama dengan yang ia terima ketika dilantik.

Pencoretan Fauzi Yusuf dibenarkan oleh Ketua KPU Merangin, Iron Sahroni. Dikatakan Iron, pihaknya sudah mengeluarkan Fauzi Yusuf dari DCT, dan secepatnya KPU akan mengantarkan SK pencoretan ke Partai Demokrat, tempat Fauzi mencaleg.

"Untuk sementara kita sudah keluarkan terlebih dahulu Fauzi Yusuf dari DCT tertanggal hari ini, untuk seterusnya kalau ada gugatan diberikan waktu selama tiga hari untuk melakukan gugatan ke Bawaslu," terang Iron Sahroni, Rabu (13/03/2019).

Sementara itu, Fauzi Yusuf yang dikonfirmasi mengatakan dirinya sudah mengetahui terkait pencoretan dirinya dari DCT oleh KPU Kabupaten Merangin. Dan dirinya menegaskan akan melakukan upaya hukum dengan mengajukan gugatan ke Bawaslu.

"Saya sudah mendengar kabar tersebut, saya menghormati apapun keputusan dari pihak KPU karena mungkin ada alasan tersendiri bagi KPU sehingga mencoret nama saya dari DCT," ujar Fauzi Yusuf.

Fauzi Yusuf menegaskan akan melakukan gugatan ke Bawaslu Merangin dengan alasan batas ambang waktu pencalegan sudah lewat dan selama ini baik Bawaslu Kabupaten dan Provinsi tidak mempermasalahkan.

"Langkah selanjutnya kita akan melakukan sengketa ke Bawaslu, karena ambang waktu pencalegan sudah lewat dan pada saat itu persyaratan saya diterima dan dinyatakan lengkap berdasarkan keputusan Bawaslu Kabupaten, begitupun Bawaslu Provinsi," tegas Fauzi Yusuf.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Merangin, Albert Trisman, juga mengatakan bahwa pihaknya baru menerima surat dari KPU Merangin terkait pencoretan Fauzi Yusuf, selanjutnya terbuka dengan apapun langkah dari Fauzi Yusuf.

"Kami baru menerima tembusan surat terkait pencoretan Fauzi Yusuf, untuk selanjutnya kami terbuka terkait apapun langkah yang akan dilakukan oleh Fauzi Yusuf," ujar Albert Trisman.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments