Jumat, 22 Maret 2019

Sekda Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jambi


Kamis, 14 Maret 2019 | 16:25:36 WIB


Sekda Provinsi Jambi, M Dianto
Sekda Provinsi Jambi, M Dianto / istimewa

JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto, Kamis (14/3) pagi, melepas ekspor komoditas pertanian Jambi senilai Rp 9,4 miliar di pelabuhan Talang Duku, Muaro Jambi. Dimana komoditas terbesar berada di cangkang sawit yang mencapai Rp 6,6 miliar.

Lima komoditas pertanian yang di ekspor oleh pemerintah bersama balai karantina pertanian kelas 1 Jambi yakni cangkang sawit senilai Rp 6,6 miliar, Pinang biji senilai Rp 1,4 miliar, sapu lidi, kayu olahan dan kelapa bulat. Sedangkan jumlah nilai ekonomi yang di ekspor yakni mencapai Rp 9,4 miliar.

Sekda Provinsi Jambi M dianto saat melepas komoditi ekspor pertanian mengatakan pemerintah Provinsi Jambi akan terus berupaya meningkatkan hasil ekspor hasil pertanian Jambi.

"Permintaan dari komoditi pertanian setiap tahunnya meningkat, untuk itu pemerintah Provinsi Jambi akan berupaya memenuhi permintaan pasar luar negeri agar hasil pertanian Jambi dapat terus di ekspor keluar," ujarnya.

Dianto menambahkan bahwa semua 5 komoditi pertanian yang di ekspor tersebut akan di kembangkan oleh pemerintah dan di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Balai karantina kelas 1 Jambi, Abidin menyebutkansetiap tahunnya meningkat dengan tujuan negara ekspor yakni Jepang, Thailand, Korea Selatan, India dan Malaysia.

"Setiap tahun jumlah ekspor hasil pertanian terus meningkat, seperti sapu lidi permintaan berasal dari Pakistan," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments