Senin, 17 Juni 2019

Anak Petani Karet, Pernah Jadi Satpam, Kini Jabat Kabid BTIK Disdik Provinsi Jambi


Kamis, 14 Maret 2019 | 16:35:31 WIB


Hasan Basri, Kepala BTIK dinas pendidkan Provinsi Jambi
Hasan Basri, Kepala BTIK dinas pendidkan Provinsi Jambi / Jainal Abidin/Metrojambi.com

JAMBI- Terlahir dan dibesarkan dari keluarga petani Karet di Desa Peninjau Bathin II Palayang bukan bearti impian dan cita-cita menjadi petani juga. Hal inilah yang mendorong Hasan Basri untuk bangkit dan memiliki impian besar mengangkat derajat dan martabat orangtua dan saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi (BTIK) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan SD Negeri 19 Pelayang, SMP Negeri 1 Tanah Tumbuh dan SMA UPER Disdik Provinsi, dan Kuliah di STAI Muhammadiyah ini memulai karir sebagai Satpam di Disdik yang kala itu masih bernama Kanwil Debdikbud.

"Awal jadi satpam 1986 hingga 1988 dengan golongan 1b," ujarnya, Kamis (14/3) .

Selanjutnya penyesuaian ijazah golongan 2A naik jabatan sebagai staf kepegawaian 1988 hingga 1996. Kemudian 2000 kembali diangkat sebagai Kasi Kesetaraan bidang PNF Disdik Provinsi Jambi 2011 dan 2013 diangkat kembali Kasi Tenaga Teknis di lembaga yang sama.

"Pengalaman jadi Kasi di Disdik 4 kali," ceritanya.

Tak sampai disitu, suami dari Umi Salamah dan ayah dari Hasni Irawan, Hasmi Al Mustaqin, dan Hasni Malfiro Ulfa ini tak puas dengan jabatan yang saat itu diamanahkan, dirinya kembali diangkat menjadi Kasubag TU dan 2019 dilantik jadi Kepala BTIK Disdk Provinsi Jambi.

"Saya ingin membuktikan cibiran orang waktu saya muda dulu, anak petani karet bisa sukses meniti karir," ungkapnya. Baginya semangat dan dorongan istri dan anak membuat dia terus bangkit dan semangat dalam berkarir. Sehingga apa yang ia rasakan saat ini bukan hasil kerja sendiri melainkan bantuan orang lain. "Tentunya orangtua saya dan mertua," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments