Jumat, 6 Desember 2019

Maulana Motivasi Mahasiswa Jadi Generasi Milenial Pemimpin Bangsa

Maulana : "Gunakan waktu muda untuk berkiprah bagi bangsa"

Sabtu, 16 Maret 2019 | 11:06:43 WIB


Wakil Walikota Jambi, dr Maulana ketika memberikan motivasi kepada para mahasiswa
Wakil Walikota Jambi, dr Maulana ketika memberikan motivasi kepada para mahasiswa / Amril Hidayat

JAMBI- Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM menunjukkan kalibernya sebagai seorang cendikiawan muslim ulung. Tidak hanya piawai dalam mendampingi Wali Kota Jambi memimpin Kota Jambi dan memimpin berbagai organisasi besar di Indonesia, Wawako Maulana juga piawai tampil sebagai motivator ulung.

Sabtu siang (16/3) Wakil Wali Kota Jambi Dokter Maulana, tampil sebagai narasumber pembicara pada acara Jambi Creativepreneur Talk Show International, yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, bertempat di Audiotorium UIN Jambi.

Pada kesempatan itu Wawako Maulana membangkitkan motivasi para generasi muda milenial "jaman now" dengan mengangkat tema "Membangun Jiwa Entrepreneur Generasi Muda Milenial di Era Revolusi 4.0".

Ribuan mahasiswa yang memadati kampus islam negeri tersebut, tampak antusias mendengarkan materi dan motivasi, serta "virus positif" optimisme yang disampaikan Wawako Maulana tentang kepemimpinan dan jiwa wirausaha dalam perspektif Islam.

"Perjuangan Rasululullah hingga menjadi pemimpin besar dan mewujudkan kejayaan Islam tidak terlepas pula dari peran 4 sahabatnya dan juga khalifah pengganti beliau, yaitu dari Abu Bakar hingga Ali. Mereka adalah pengusaha yang menafkahkan hartanya untuk perjuangan dan kemajuan Islam. Rasulullah sendiri adalah seorang saudagar dan pengusaha. Mereka adalah contoh yang sempurna bagi kita saat ini. Menjadi pengusaha adalah cita-cita mulia. Mampu menciptakan kesempatan kerja dan kehiduoan lebih baik bagi orang lain," jelas Wawako Maulana mengawali materinya.

Pada kesempatan itu juga, Wawako Maulana turut memotivasi peserta seminar untuk berkiprah menjadi pengusaha handal dan mengambil peran dalam berbagai hal.

"Jadilah pengusaha, bukan pekerja. Jadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain. Jika sudah mapan, baktikan diri kita untuk kepentingan yang lebih besar. Ketahuilah bahwa segenggam kekuasaan yang dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat, lebih baik daripada bergelimang harta. Berprinsiplah harus kaya lalu masuk politik, jangan dibalik pola pikir, masuk politik untuk memupuk kekayaan," jelasnya

Lebih lanjut, Maulana menjelaskan bahwa generasi milenial harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan visi kemajuan.

"Generasi milenial islam harus mampu beradaptasi dengan teknologi di era digitalisasi ini. Terlebih di era industri 4.0., generasi milenial islam harus tampil sebagai garda terdepan membangun kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan. Melalui anda perjuangan bangsa dan agama ini kami titipkan. Perjuangan bangsa Indonesia selalu melibatkan pemuda, maka jangan siakan waktu muda untuk berkiprah bagi bangsa," harap Maulana.

Pada acara tersebut, Wawako Maulana turut pula didaulat untuk memasangkan selempang dan piala kepada pemenang bujang gadis FEB UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Turut hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Gubernur Jambi, Dekan FEB UIN STS, serta narasumber lain Technopreneur Prof. Dede Martino. 


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Kota Jambi


comments