Senin, 21 Oktober 2019

Nama Dandim Bute Dicatut, Pelaku Minta Sejumlah Uang


Senin, 12 Agustus 2019 | 14:49:58 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABUNGO - Nama Komandan Kodim (Dandim) 0416/Bungo Tebo (Bute) Letkol Inf. Wahyu Hadi Soenaryo dicatut oleh orang tidak bertanggung jawab. Modusnya, mengaku sebagai Dandim dan meminta sejumlah uang kepada target yang hendak diperas.

Informasi yang dirangkum, orang tak dikenal itu meminta uang kepada salah satu pengusaha di Bungo dengan modus sedang dinas luar. Beruntung sasaran yang dia bohongi itu, langsung mendatangi Makodim 0416/Bute.

“Awalnya saya mengira itu benar Dandim Letkol Inf Wahyu, tapi setelah ada kecurigaan dari chat WhatsApp pribadi saya dengan yang mengaku Dandim itu, baru saja chat di WhatsApp pribadi saya, orang tersebut langsung minta kirim uang Rp 25 juta,” ujar pengusaha tersebut.

Selain itu, katanya di WhatsApp dia juga berobah-robah. Kadang logo TNI kadang logo KONI. Jadi melihat hal tersebut kecurigaan dia sangat kuat, bahwa orang tersebut mencatut nama Dandim 0416/Bute, untuk mendapatkan uang dari targetnya.

“Selain saya, ada seorang lagi juga dipinta sejumlah uang oleh orang tidak dikenal tersebut. Jadi aksi orang tersebut sudah kita konfirmasikan ke Kasdim langsung. Kalau kejadiannya, sekira akhir bulan Juli kemarin, beruntung saya cepat sadar,” tutupnya.

Sementara itu, Dandim 0416/Bute, Letkol Inf. Wahyu Hadi Soenaryo, melalui Kasdim Mayor Inf. Widi, ketika dikonfirmasi, membenarkan ada oknum yang sudah diminta sejumlah uang oleh orang yang mencatut nama Dandim tersebut.

“Beberapa hari kemarin, ada warga Bungo datang ke Makodim konfirmasi langsung ke saya, dia melaporkan ada orang mencatut nama Dandim dan meminta sejumlah uang. Tapi beruntung, belum dikirim, karena dia tidak percaya," kata Kasdim.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat bila ada orang yang mengatasnamakan Dandim lalu meminta sejumlah uang, maka segera lapor ke Makodim 0416/Bungo Tebo.

“Sekarang aksi penipuan berbagai macam cara untuk mendapat uang salah satu mencatut nama pejabat. Jadi kami himbau sekali lagi, bahwa aksi yang terjadi diatas adalah penipuan mencatut nama Dandim,” tegas Kasdim.


Penulis: Budi Prasetyo
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments