Rabu, 15 Juli 2020

Pemkab Kerinci Ajukan Dua Jalur untuk Tour de Singkarak ke Pemprov Jambi


Kamis, 21 Maret 2019 | 21:15:12 WIB


Peninjauan jalur yang akan diusulkan untuk rute Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci
Peninjauan jalur yang akan diusulkan untuk rute Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci / dok.metrojambi.com

KERINCI - Tour de Singkarak (TdS) yang akan diselenggarakan pada 3 hingga 11 November 2019 mendatang, dipastikan akan melintasi kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Diparbudpora) Kabupaten Kerinci Ardinal saat dikonfirmasi mengatakan, Rabu (20/03/2019) kemarin pihaknya bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi dan Ekobang kantor Gubernur Jambi telah mensurvei jalan yang akan dilalui untuk peserta Tour de Singkarak.

"Jika sudah ada titik temu, nanti akan dikaji di Provinsi Jambi bersama dengan dinas terkait. Setelah itu baru dilaporkan ke Sumatera Barat (Sumbar)," kata Ardinal, Kamis (21/03/2019).

Setelah dilaporkan ke Sumbar, nanti tim teknis Tour de Singkarak dari Malaysia dan Banyuwangi yang akan menentukan layak atau tidak layak estape yang diusulkan. "Jalur yang disurvei ada dua, yakni jalan poros atau utama dan jalan kabupaten," sebutnya.

Namun untuk start, lanjut Ardinal, jalan alternatif pertama peserta akan melewati jalan Kabupaten yang akan dilepas di Air Terjun Telun Berasap, Kayu Aro dan Finis di dermaga Danau Kerinci.

"Ada beberapa Kecamatan yang akan dilewati peserta TdS nanti di Kerinci yakni Kecamatan Kayu Aro, Gunung Kerinci, Siulak Mukai, Siulak, Air Hangat, Depati Tujuh, Air Hangat Timur, Setinjau Laut dan finis di Danau Kerinci," terangnya.

Alternatif kedua peserta akan melewati jalan utama atau jalan Nasional dan Provinsi yakni sepanjang jalan raya dan finis tetap di Danau Kerinci. "Kalau jalan Kabupaten lumanyan bagus, namun untuk jalan Nasional dan Provinsi masih mengalami rusak ringan, pihak Balai Jalan Provinsi Jambi dalam waktu dekat akan segera memperbaiki jalan tersebut," ungkapnya.

Saat ditanya terkait persiapan, Ardinal mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih ingin berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Jambi. "Kita masih koordinasi dengan Provinsi Jambi, setelah siap semua baru kita akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat Kerinci terkait TdS ini," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments