Jumat, 20 September 2019

14 Sekolah di Tanjabbar Belum Bisa Laksanakan UNBK


Jumat, 22 Maret 2019 | 11:28:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KUALATUNGKAL - Belasan sekolah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) saat ini tak bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagaimana arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar mencatat, ada 112 sekolah yang tersebar di 13 kecamatan di kabupaten ini. Dari jumlah tersebut belum semua sekokah bisa melaksanakan UNBK.

"Tahun ini, ada 98 sekolah yang melaksanakan UNBK dan sisanya 14 sekolah belum bisa menggelar UNBK," ujar Panitia UNBK Disdikbud Tanjabbar, Amrial, Kamis (21/3).

Menurutnya, 14 sekolah tersebut tidak bisa melaksanakan UNBK dikarenakan masalah sarana dan prasarana, seperti lokasi yang jauh, tidak adanya listrik dan jaringan internet.

"Sekolah yang belum melaksanakan UNBK itu dikarenakan terlalu jauh, terpencil, jaringan dak punya, listrik dak punya, jauh dari jangkauan," ungkapnya.

Sementara itu, Ardhian, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar mengatakan, meski masih terdapat sekolah yang tak bisa laksanakan UNBK, namun tahun 2019 ini, angka tersebut berkurang dari tahun sebelumnya.

Dikatakannya, pada tahun 2018 lalu, terdapat 18 sekolah yang belum mengikuti UNBK, sementara tahun 2019 tinggal 14 sekolah.

Untuk itu, tahun berikutnya Ardhian optimis 100 persen sekolah yang ada dapat mengikuti UNBK. Dirinya juga memastikan jika pelaksanaan ujian tanpa kendala seperti kelistrikan, sebab telah melakukan koordinasi dengan PLN.

Sehingga bisa dipastikan selama pelaksanaan UNBK tidak akan ada pemadaman. "Kita sudah melibatkan PLN, jadi tanggung jawab PLN. Kalau pun harus mati, dia harus menyediakan genset," tandasnya.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments