Senin, 27 Mei 2019

Didominasi Wajah Baru, Ini Nama Caleg DPRD Sarolangun yang Diprediksi Terpilih


Jumat, 26 April 2019 | 14:34:31 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Meski belum ada penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun nama-nama Caleg yang diprediksi akan terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Sarolangun periode 2019-2024 mulai mencuat di tengah masyarakat.

Menariknya, nama-nama yang muncul didominasi wajah baru. Bahkan diprediksi lebih dari separuh anggota DPRD Sarolangun nantinya merupakan wajah baru.

Dirangkum dari berbagai sumber dan pengumpulan data di lapangan, Caleg yang berpeluang duduk di kursi DPRD Kabupaten Sarolangun dari Dapil I yakni Yusuf Helmi dari Golkar, Ronald Pasaribu dan Asrin Amer dari Demokrat, H Zulkifli dari PKS, dan Ade Putra dari PAN.

Untuk Yusuf Helmi dan Zulkifli, keduanya sebelumnya pernah duduk di DPRD Kabupaten Sarolangun. H Zulkifli pernah menjabat periode 2004-2009 dan Yusuf Helmi periode 2009-2014.

Nama lainnya yang diprediksi terpilih dari Dapil I yakni Hurmin (PPP), Muhammad Fadlan Arafiqi (PKB), Zulkifli Sudin (Golkar), dan Abdul Basid (Geindra), yang semuanya adalah incumbent.

Untuk Dapil II, wajah baru yang diprediksi lolos yakni Sarwani (Gerindra), Agung Prasetya (PAN), Edi Prawito (Perindo), Muslimin (PKB), dan Ahmad Surullah (PPP). Sementara itu incumbent yang dipreriksi lolos yakni Cik Marleni (Golkar), Aang Purnama (Demokrat), Amir Mahmud (Golkar), A Marzuki (PDIP), Heldawati Nadeak (PDIP), dan Siti Aisyah Harahap (PKS).

Dari Dapil III, 4 wajah baru yang diprediksi lolos yakni Jefri (Golkar), Fadlan Kholik (PKS), Syahrial Gunawan (PDIP), dan Willy (PPP). Nama lainnya adalah incumbent seperti H Muhammad Syaihu (Demokrat), Tantowi Jauhari (Golkar), Selamet Kastalo (Geindra), Azrai Wahab (Nasdem), dan Ali Muntaha (PKB).

Sedangkan dari Dapil IV diprediksi ada 4 wajah baru yang bakal terpilih, yakni H Pahrul Rozi (Golkar), Rapalan (PKS), Suherman (PPP), dan Julius (PDIP). Kemudian Azakil Azmi (Golkar) dan Hermi (PAN) yang merupakan incumbent.

Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri menyebutkan, hingga saat ini pihaknya belum menetapkan nama-nama anggota DPRD Kabupaten Sarolangun terpilih. Sebab PPK disejumlah kecamatan masih melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan dari 18 April 2019-22 Mei 2019.

Kemudian, kata Fakhri, jika rekapitulasi perhitungan suara selesai, maka tahapan selanjutnya penyelesaian Sengketa Hasil Pemilu DPR, DPD, DPRD, Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

"Jika memang tidak ada gugatan di MK, maka dilakukan pentapan perolehan kursi dan calon terpilih. Tapi kalau ada gugatan ke MK, maka penetapan calon terpilih paling lama tiga hari setelah penetapan, putusan dismisal atau putusan makamah konstitusi dibacakan," pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments