Senin, 19 Agustus 2019

Soal Pungutan Belajar di SMP 7 Kota Jambi, Inspektorat Rekomendasikan Sekolah Kembalikan Uang


Selasa, 21 Mei 2019 | 10:07:32 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Inspektorat Kota Jambi sudah melakukan pemeriksaan terkait pungutan uang belajar tambahan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Jambi. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan adanya pelanggaran, sehingga Inspektorat memberikan rekomendasi kepada pihak SMPN7.

Hafni Ilyas, kepala Inspektorat Kota Jambi mengatakan pihaknya merekomendasikan agar pihak sekolah mengembalikan uang yang sudah dipungut.

“Pihak sekolah harus kembalikan uangnya. Uang dikembalikan ke komite sekolah,” kata Hafni Ilyas.

Lebih lanjut Hafni mengatakan, ada batas waktu yang harus diikuti pihak sekolah. Dalam aturannya uang tersebut harus sudah dikembalikan dalam waktu 2 x 30 hari.

“2 x 30 hari harus sudah dikembalikan,” imbuhnya.

Kata dia, pemeriksaan dilakukan pada pungutan yang dilakukan tahun 2018. Menurutnya, ada pengecualian, dimana tidak semua yang terbukti menerima uang pungutan tersebut harus mengembalikan.

"Kalau guru yang mengajar itu memang hak dia. Tapi kalau pejabat-pejabat atau pegawai lain itu harus dikembalikan," katanya.

Sementara itu, Arman, kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi mengatakan, terkait rekomendasi pihak Inpekstorat pihaknya belum menerima tembusan ataupun salinan rekomendasi.

“Jadi saya tidak bisa berkomentar terkait rekomendasi yang disampaikan Inspektorat tersebut,” katanya.

Arman menyebutkan, untuk saat ini pihak sekolah sudah dilarang untuk melakukan les dan belajar tamabahan di sekolah. “Kalau diluar silahkan. Itu langsung perintah dari Walikota. Sudah kita sampaikan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Arman, untuk pembinaan dari dinas pendidikan terhadap SD dan SMP di Kota Jambi juga sudah dilakukan. Bahkan rencana aksi (Renaksi) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI sudah disampaikan.

“Renaksi dari KPK sudah kita teruskan ke sekolah-sekolah. Tidak boleh ada pungutan, terkait dana BOS juga. Itu sudah kita sampaikan semua,” pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments