Minggu, 25 Agustus 2019

KONI Jambi Targetkan 17 Cabor Lolos ke PON Papua


Sabtu, 23 Maret 2019 | 20:01:29 WIB


Ketua KONI Jambi berfoto bersama ketua Pelatda, Asisten I Setda Provinsi Jambi, dan Kepala Diskepora Provinsi Jambi usai memberikan keterangan pers, Sabtu (23/3)
Ketua KONI Jambi berfoto bersama ketua Pelatda, Asisten I Setda Provinsi Jambi, dan Kepala Diskepora Provinsi Jambi usai memberikan keterangan pers, Sabtu (23/3) / Metrojambi.com

JAMBI - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi Indra Armendaris mengatakan, pihaknya menargetkan atlet 17 cabang olahraga (cabor) prioritas bisa lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan berlangsung di Papua.

Adapun 17 cabor prioritas tersebut yakni karate, tarung derajat, muay thai, angkat berat/besi, atletik, menembak, pahanan, gulat, judo, dan biliar. Selanjutnya dayung, sepatu roda, polo air, taekwondo, wushu, petanque, dan arung jeram.

"17 cabor ini merupakan prioritas dalam mendulang medali," kata Indra usai pencanangan pemusatan latihan daerah (Lelatda) untuk persiapan PON 2020, Sabtu (23/3).

"Pelatda ini sebenarnya sudah kita rancang sejak 2017 lalu. Namun tahun 2018 kemarin belum bisa dilaksanakan, karena berbagai persoalan. Baru tahun ini kita laksanakan," ujarnya menambahkan.

Untuk tahap awal, Indra mengatakan pihaknya akan melaksanakan Pelatda jalan. Pihaknya juga mendatangkan konsultan olahraga dari Jakarta, serta dokter khusus olahraga, untuk membantu pengurus dan pelatih cabor menjakankan Pelatda bagi atletnya.

"Dengan adanya konsuntan, kita harapkan pelatih bisa dapat pencerahan. Bisa memgetahui sejauh mana kemampuan atlet, serta dimana kekurangannya," pungkasnya.

Ketua Pelatda KONI Provinsi Jambi Rahman mengatakan, kegiatan Pelatda tersebut diikuti oleh 216 atlet dari 17 cabor prioritas yang ditetapkan. Rahman mengatakan, kegiatan Pelatda akan dimulai Minggu (24/3) besok.

"Besok seluruh atlet diminta datang ke Stadion KONI untuk tes fisik," ujar Rahman.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar.yang diwakili Asisten I Setda Provinsi Jambi Afani Saharuddin, mengapresiasi dilaksanakannya Pelatda Pra PON oleh KONI Provinsi Jambi.

"Semangat memajukan olahraga yang dilakukan KONI tidak dapat diragukan," kata Afani.

Ia pun meminta semua pihak untuk kompak guna suksesnya kegiatan Pelatda tersebut. "Jangan ada terkotak-kotak dan mengabaikan olahraga lain yang ingin berprestasi," ujarnya.

Afani juga mengatakan jika Pemprov Jambi akan memberikan dukungan anggaran untuk KONI Provinsi Jambi. "Untuk anggaran, saat ini sedang berproses," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments