Rabu, 19 Juni 2019

Hari Pertama UNBK SMK di Kota Jambi Berjalan Lancar


Senin, 25 Maret 2019 | 20:42:33 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok.metrojambi.com

JAMBI - Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK digelar pada 25-28 Maret mendatang. Hari pertama ujian, mata pelajaran yang diujikan adalah, Bahasa Indonesia.

Pantauan Metro Jambi di beberapa SMK, hari pertama UNBK, Senin (25/3/2019), berjalan lancar tanpa kendala, baik jaringan listrik maupun internet.

Seperti di SMK Negeri 4, SMK Revani Indra Putra, SMK Sembilan Lurah 2, SMK Nusantara, dan SMK Kesehatan Baiturrahim serta SMK Fania Salsabila Kota Jambi.

Sejak, sesi pertama UNBK hingga akhir, sekolah dapat melaksanakan ujian dengan baik, tanpa menuai kendala. Hal ini dikarenakan sejak jauh-jauh hari, sekolah telah melakukan persiapan.

Ketua UNBK SMK 4, Marlini menyebutkan, pelaksanaan ujian di sekolahnya berjalan lancar dengan pengawasan secara silang dari sekolah lain.

"Pengawas UNBK di SMK 4 berasal dari SMK 1 dan SMK Revani. Sedangkan guru-guru kita ditugaskan melakukan pengawasan di sekolah lain," ujarnya.

Menurutnya, selama ujian berlangsung, panitia dilarang memasuki ruang ujian. Pemantauan hanya boleh dilakukan oleh pengawas.

“Tapi, panitia selalu berkoordinasi dan komunikasi melalui group WhatsAap. Ini dilakukan agar seluruh peserta ujian yang berjumlah 417 siswa dapat mengikuti dengan baik," paparnya.

Kepala SMK Revani Emizal juga membenarkan siswa di sekolahnya dapat mengikuti ujian dengan baik, karena sejak jauh hari sekolah benar-benar menyiapkan secara matang, baik materi maupun sarana prasarana UNBK.

"Persiapan ini kita lakukan, agar ketika siswa menghadapi ujian tidak ada permasalahan lagi di lapangan," jelasnya.

Dikatakannya, pengawas yang mengawasi 109 siswanya berasal dari SMK 4 dan SMK Unggul Sakti. Selama UNBK siswa dibagi di dua ruangan dengan dua sesi pelaksanaan.

Begitu halnya pelaksanaan di SMK Sembilu 2, SMK Nusantara, SMK Kesehatan Baiturrahim dan SMK Fania. Semua, sekolah mengharapkan pelaksanaan UNBK hingga akhir tidak ada masalah.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments