Senin, 22 April 2019

SMA 10 dan SMP 19 Kota Jambi Gelar TO Mandiri


Senin, 25 Maret 2019 | 21:07:56 WIB


Kepala SMA Negeri 10 Kota Jambi Saifullah saat mengawasi siswa yang tengah mengerjakan soal TO menggunakan android
Kepala SMA Negeri 10 Kota Jambi Saifullah saat mengawasi siswa yang tengah mengerjakan soal TO menggunakan android / metrojambi.com

JAMBI - Selama 4 hari ke depan, tepatnya 25-28 Maret, SMA Negeri 10 dan SMP Negeri 19 Kota Jambi menggelar ujian Try Out (TO) secara mandiri, guna mematangkan persiapan siswa menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), April mendatang.

"Pelaksanaan TO di sekolah kita sudah menggunakan aplikasi android," ujar Kepala SMA Negeri 10, Saifullah, saat ditemui metrojambi.com, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, penggunaan android ini, dinilai lebih memudahkan persiapan dan pelaksanaan. Sebab, sekolah tidak lagi dibingungkan harus mengeluarkan banyak anggaran untuk biaya cetak dan perbanyak soal. "Cukup melalui android berisi aplikasi, siswa dapat mengerjakan soal," imbuhnya.

Di samping itu, TO digelar untuk persiapan siswa menghadapi ujian dengan membahas kisi-kisi dan soal ujian yang diprediksi akan keluar.  

Sehingga mental, fisik dan kemampuan siswa teruji, apabila dilakukan persiapan dengan melaksanakan TO. "TO juga akan melatih pola pikir anak dalam mengerjakan soal ujian," paparnya.

Selain itu kemampuan tenaga guru juga dilatih dalam membuat soal yang berbobot agar SMA 10 dapat bersaing dengan sekolah lain dalam bidang akademik.

"Orangtua juga dapat melihat kemampuan anak dari hasil TO dan bisa memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi anaknya," katanya.

Terpisah, Kepala SMP 19 Nanang Sunarya menyebutkan, soal TO dirancang oleh guru mata pelajaran sesuai kisi-kisi soal ujian nasional dengan sistem pengerjaan menggunakan komputer.

"Sekitar 97 persen aplikasi TO ini, sudah mirip dengan UNBK, yang membedakan hanya tampilan," ungkapnya.

Nanang mengatakan, sebelumnya sekolah juga sudah beberapa kali menyelenggarakan TO, sesuai jadwal dari Disdik Kota Jambi, dan sejauh ini belum ada kendala atau permasalahan yang mengganggu persiapan UNBK nantinya.

"SMP 19 sudah menyiapkan 98 komputer untuk ujian," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments