Jumat, 23 Agustus 2019

Komputer Kurang, UNBK SMK Digelar Beberapa Sesi


Selasa, 26 Maret 2019 | 21:09:57 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada hari kedua (26/03) berjalan lancer dan tidak ada kendala listrik maupun jaringan internet.

Namun, karena ketersediaan komputer yang kurang, sehingga sekolah harus membagi beberapa kali pelaksanaan ujian, sebab jumlah peserta ujian tidak sebanding dengan jumlah komputer UNBK.

"Jumlah siswa kita ada 163 orang, mereka dibagi ke dalam 3 sesi ujian," ujar Kepala SMK Yadika Didi Heryanto, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya, selama ujian berlangsung, siswa diawasi pengawas dari sekolah lain ditambah teknisi dan proktor UNBK yang membantu siswa jika mengalami kendala komputer. "Pengawas silang kita ketiganya dari SMK 3 Kota Jambi," jelasnya.

Ditambahkan Kepala SMK Purnama I Kota Jambi Azrita Yani, pelaksanaan ujian di sekolah berjalan lancar, meskipun di beberapa kawasan, seperti di Sipin dan sekitarnya, ada pemadaman listrik karena cuaca hujan.

"Tapi di sekolah kita, PLN tidak padam dan ujian tetap berjalan," ungkapnya.

Azrita mengatakan, pelaksanaan ujian hanya dilakukan satu sesi untuk jurusan Akuntansi. "Rencananya tahun ini jurusan baru akan kita buka kembali. Tahun lalu, untuk jurusan baru ini kita belum menerima siswa," imbuhnya.

Di SMK Al Irsyad dan SMK Pelita Raya, UNBK juga berjalan lancar tanpa kendala karena sekolah telah mempersiapkan sejak jauh hari. Persiapan yang maksimal ini, agar peserta ujian tidak ada beban, karena adanya kendala di samping harus menyelesaikan soal ujian.

Sementara itu, pada hari ketiga UNBK pada Rabu (27/03), siswa SMK akan mengerjakan soal ujian mata pelajaran Bahasa Inggris.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments