Rabu, 19 Juni 2019

Pelajar SMP 24 dan SMPIT Al Muthmainnah Diberi Penyuluhan Bahaya Narkoba


Selasa, 26 Maret 2019 | 21:17:23 WIB


Suasana penyuluhan bahaya narkoba yang disampaikan BNNK Jambi
Suasana penyuluhan bahaya narkoba yang disampaikan BNNK Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jambi beberapa waktu lalu menyambangi SMP Negeri 24 dan SMPIT Al Muthmainnah Kota Jambi. Dalam kunjungannya, pihak BNN memberikan penyuluhan dan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang marak di kalangan remaja, khususnya pelajar.

"Kita sangat senang didatangi BNN, memberikan ilmu baru kepada siswa-siswi," ujar Boy Surau, Kepala SMP Negeri 24 Kota Jambi, Selasa (26/3/2019).

Dikatakannya selama penyuluhan, siswa diberikan pemahaman tentang jenis-jenis narkoba, dan hukuman terkait penyalahgunaan penggunaan narkoba itu sendiri. "Narkoba boleh digunakan berdasarkan medis," paparnya.

Kalau kedapatan menggunakan atau memasarkan, kepolisian atau BNN dengan tegas akan menangkap dan menghukum. Karena kalau dibiarkan dapat mengancam diri sendiri maupun orang lain dengan memberikan ancaman kesehatan maupun sosial.

"Penggunanya bisa meninggal dan di masyarakat dikucilkan," katanya.

Kegiatan penyuluhan narkoba juga dilakukan di SMPIT Al Muthmainnah Kota Jambi. Siswa dengan antusias mendengarkan dan mengikuti materi yang disampaikan. Bahkan sejumlah siswa bersemangat memberikan pertanyaan.

"Pertanyaannya seputar bahaya penyalahgunaan narkoba," kata Kepala SMPIT Al Muthmainnah, Bur Aini.

Pihaknya berharap setelah mendapat penyuluhan, siswa lebih mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba. Sehingga tidak melakukan atau apabila melihat orang lain menggunakan segera melapor kepada pihak berwajib. "Kita ingin siswa berperan aktif memberantas narkoba di lingkungannya," imbuhnya.

Kemudian tidak sembarangan menerima tawaran orang yang tidak dikenal dari orang asing, terlebih saat ini narkoba dikemas semenarik mungkin oleh pelaku untuk mengelabui korban agar terpedaya untuk menikmati narkoba. "Bahkan sampai jajanan anak-anak ada yang mengandung narkoba," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments