Rabu, 19 Juni 2019

Benahi Fasilitas Lingkungan Sekolah, SD 35 Kota Jambi Manfaatkan Barang Bekas


Jumat, 29 Maret 2019 | 20:15:49 WIB


Kepala SD 35 Kota Jambi Trisnayeti saat berfoto di taman sekolah hasil pengelolaan ban bekas
Kepala SD 35 Kota Jambi Trisnayeti saat berfoto di taman sekolah hasil pengelolaan ban bekas / Metrojambi.com

JAMBI - Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan indah tidak harus dengan mengeluarkan anggaran yang besar. Ini seperti yang dilakukan Sekolah Dasar (SD) Negeri 35/VI Kota Jambi.

Sekolah yang beralamat di Kebun Handil, Kecamatan Jelutung itu memanfaatkan barang-barang bekas untuk mempercantik sekolah. Salah satunya ban bekas yang dijadikan wadah tanaman.

"Ban bekas kita manfaatkan dengan di cat aneka warna," ujar Kepala SD Negeri 35 Kota Jambi Trisnayeti, Jumat (29/3/2019).

Kemudian ban bekas yang telah diberi warna tersebut ditata dengan rapi di halaman sekolah. "Setiap pot tamanan kita upayakan beda jenis tanaman bunga, supaya beragam," kata Trisnayeti.

Dikatakannya lagi, memanfaatkan barang bekas bertujuan untuk mengurangi pengeluaran yang terlalu banyak, apabila mengunakan pot tanaman yang dibeli di toko.

"Dengan demikian anggaran bisa digunakan membeli kebutuhan yang lain yang lebih penting," ujarnya.

Selain itu, kata Trisnayeti, juga untuk mengajarkan anak didik dalam memanfaatkan barang bekas daur ulang menjadikan barang serba guna. Bukan hanya ban bekas, tapi barang- barang lainnya dapat didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomis dan bernilai seni.

"Pekarang sekolah lebih sedap dipandang mata," jelasnya.

Pihaknya juga melengkapi fasilitas sekolah lainnya untuk menunjang kegiatan siswa saat berada di luar kelas dengan menyediakan pondopo sekolah yang bisa dimanfaatkan siswa sedang beristirahat atau membaca buku atau kegiatan lainnya.

"Kita juga sediakan parkir guru dan tamu yang nyaman dan aman," bebernya.

Selanjutnya ia berharap atas upaya yang dilakukan dirinya dapat menjadikan sekolah lebih baik dan berdampak nantinya masyarakat memasukan anaknya di SD Negeri 35 Kota Jambi.

"Tahun ini kita sediakan dua ruangan untuk kelas satu," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments