Selasa, 23 April 2019

Diikuti 11.545 Siswa SMP, Lima Sekolah Masih Numpang Gelar UNBK


Rabu, 10 April 2019 | 10:03:11 WIB


ilustrasi UNBK SMP
ilustrasi UNBK SMP / Jainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi akan dimulai hari ini Rabu, (22/4). Tercatat ada 11.545 siswa yang menjadi peserta UNBK, baik dari sekolah negeri maupun swasta di Kota Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Arman mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK tahun ini sudah jauh lebih baik. Saat ini seluruh sekolah SMP sederajat di Kota Jambi sudah melaksanakan UNBK.

Namun masih ada lima sekolah swasta yang numpang dengan sekolah lain, yaknu SMP Pelita Ibu numpang di SMP Negeri 2 Kota Jambi, SMP Dwi Tunggal bergabung ke SMP Negeri 20 Kota Jambi, SMP DB1 bergabung ke SMP DB6, MTs Al Anshor bergabung ke MTs Swasta Nurussaaddah, dan MTs Nurul Islam bergabung ke MTs Negeri 1.

Tahun ini, jumlah komputer yang sudah di distribusikan ke sekolah sebanyak 2.650 an komputer. Tahun ini pemerintah juga mendapatkan bantuan komputer dari APBN untuk 7 sekolah.

"Setiap sekolah terima 22 unit," kata Arman.

Lebih lanjut Arman mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan PLN. Hal ini untuk antisipasi terjadinya mati listrik dan gangguan jaringan. Pihak sekolah juga sudsh menyiapkan genset untuk mengantisipasi hal itu.

"Komputer kita sudah canggih, kalau mati listrik, tidak langsung mati. Masih bisa menyimpan daya hingga 1 jam. Jadi tidak akan mengganggu," ujarnya.

Berkaca dari tahun lalu, kata Arman, pernah terjadi mati listrik selama 15-25 menit. Selain itu juga terjadi kebakaran akibat konsleting.

"Itu semua kita antisipasi, mudah-mudahan tidak terjadi lagi," pungkasnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments