Senin, 20 Mei 2019

Beredar Video Surat Suara Tercoblos, Ini Tanggapan Ketua BPN Prabowo-Sandi di Malaysia


Kamis, 11 April 2019 | 18:10:30 WIB


Suasana di lokasi penemuan surat suara tercoblos di Malaysia
Suasana di lokasi penemuan surat suara tercoblos di Malaysia / Istimewa

KERINCI - Beredar video yang berisi surat suara diduga tercoblos di Selangor, Malaysia. Video tersebut beredar di media sosial dan pesan aplikasi WhatsApp.

Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Malaysia, Saidina Ali, saat dikonfirmasi metrojambi.com membenarkan adanya surat suara yang tercoblos sebagaimana video yang beredar.

"Iya, benar. Ada sejumlah surat suara yang telah dicoblos. Jadi kita minta Pemilu di Malaysia dibatalkan. Kita juga masih menunggu klarifikasi BPN pusat," ujar Saidina Ali, Kamis (11/4/2019).

Menurut Saidina Ali, jumlah surat suara yang telah dicoblos sebanyak lebih kurang 541.024. Surat suara yang tercoblos tersebut ditemukan di dua lokasi berbeda, yakni di Sungai Tangkas Bandar Baru dan Taman Kajang Utama.

"Ada beberapa surat suara yang tercoblos yakni untuk Capres nomor urut 01 dan untuk Pileg adalah Partai Nasdem," terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya beredar luas tiga potongan video berdurasi singkat yang berisi sejumlah kantong berwarna hitam dan putih yang diduga di dalamnya terdapat surat suara.

Dari video tersebut, masyarakat setempat menunjukkan surat suara untuk pemilihan presiden yang sudah tercoblos untuk pasangan tertentu.

Tidak hanya itu ditemukan juga surat suara yang tercoblos beberapa anggota legislatif dari partai politik tertentu.

Dalam video itu disebutkan temuan tersebut berdasarkan penggerebekan masyarakat setempat di ruko kosong di Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia.

Video lain juga menampilkan dua orang wanita tengah mencoblos surat suara dan memasukkan kembali ke dalam amplop. Dalam video itu, mereka terlihat tenang mencoblos meski sedang direkam.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments