Rabu, 1 Desember 2021

Begini Caranya Bikin Liburan dengan Budget Murah Jadi Meriah

Kamis, 11 April 2019 | 20:01:36 WIB


/ sumber:@alicekat

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya apa hal yang paling penting dalam sebuah liburan? Jangan dulu pikirkan tentang kuliner atau destinasi tujuanmu, karena ternyata budget adalah hal vital yang harus diperhitungkan matang-matang di setiap rencana perjalanan. Coba bayangkan, berangkat liburan tanpa persiapan keuangan dan tiket kereta di tangan. Bisa jadi kamu gagal pulang karena kehabisan uang di tengah petualangan.

Jadi takut berlibur gara-gara anggaran masih sedang? Saatnya untuk ubah pola pikir tentang cara liburan. Traveling bisa tetap jalan dengan budget murah tapi dikemas dengan meriah apalagi sekarang banyak promo tiket kereta api yang dapat membantu menekan pengeluaranmu. Tidak harus mahal, yang penting atur rencana liburan lebih teliti dengan tips berikut yuk!

Pelajari Dulu Destinasi Wisatamu

Mempelajari destinasi hingga ke detil terkecil. Itulah kunci sukses jadikan liburan dengan budget murah meriah. Dari sekian banyak spot wisata, pasti ada tujuan-tujuan dengan promo tiket kereta api  yang tidak menguras kantong, tapi menawarkan keindahan yang akan membuat betah berlama-lama di sana. Mulai browsing internet mencari tempat-tempat tersebut dan tiket keretanya agar bisa kamu kunjungi saat liburan nanti.

Buat Rincian Biaya

Anggaran merupakan ‘dinding’ yang kamu bangun untuk memisahkan antara liburan boros dan hemat. Dengan anggaran yang teratur dan terencana, kamu bisa mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan saat berpetualang nanti. Tapi harus diingat, selain promo tiket kereta api, bakal ada banyak godaan untuk melanggar batas anggaran tersebut. Jadi tetap teguhkan hati untuk berada di daftar rincian biaya yang sudah kamu buat.

Manfaatkan Promo

Banyak jalan kalau kamu mau berusaha untuk menemukannya. Pengen liburan murah? Bisa kok, selama dirimu memperjuangkannya. Manfaatkan promo dan berbagai tawaran menarik yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis pariwisata, terutama online travel agent.

Salah satu layanan jasa yang bisa kamu andalkan adalah Traveloka. Situs booking online terbesar di Indonesia ini sering membagikan berbagai promo menarik. Mulai dari promo tiket kereta api, pesawat, penginapan, dan banyak lagi lainnya. Tawaran tiket kereta ini bisa kamu manfaatkan untuk merasakan liburan budget murah meriah.

Ajak Teman

Cara lain agar liburan meriah dengan budget terbatas adalah dengan mengajak teman. Tak hanya membuat petualangan jadi rame karena ada sobat berbagi cerita, kamu dan dia bisa menekan anggaran dengan cara patungan. Untuk booking hotel, misalnya, satu kamar bisa dibagi dua. Sisa dana bisa kamu anggarkan untuk membuat perjalanan makin terasa ceria.

Beli Oleh-Oleh dengan Bijak

Oleh-oleh yang ditawarkan di destinasi wisata itu selalu menggiurkan untuk dimiliki. Tapi jangan sampai terpancing dengan situasi ini hingga akhirnya malah menyesal karena sudah boros anggaran. Tetaplah jaga ‘emosi’ saat beli oleh-oleh. Bahkan bila perlu, datangi pusat oleh-oleh dua kali. Kunjungan pertama untuk melihat oleh-oleh yang menarik. Kemudian buatkan daftar belanja sesuai anggaran saat kunjungan kedua.

Sudah siap merasakan petualangan baru, liburan murah meriah? Untuk percobaan pertama kamu bisa keliling Jawa dengan menggunakan kereta api. Moda transportasi favorit yang disukai banyak orang karena tiket kereta jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan sarana angkutan lainnya. Selain itu, dengan jangkauan yang luas, ada stasiun di setiap kota, bakal makin mudah untuk menjelajahi Pulau Jawa.

Meski traveling dengan budget murah, jangan lupa untuk menikmati setiap momennya. Penginapan, tiket kereta kelas gerbong yang nyaman, atau destinasinya mungkin biasa, tapi pastikan kamu mendapatkan pengalaman berlibur yang luar biasa. (***)


Penulis: Ist
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments