Senin, 22 April 2019

Imigrasi Jambi Deportasi Tiga WNA


Jumat, 12 April 2019 | 22:04:01 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sejak Januari hingga April 2019 ini, Kantor Imigrasi kelas I TPI Provinsi Jambi telah mendeportasi tiga orang warga negara asing (WNA), yaitu dua orang warga negara Malaysia dan satu orang warga negara China.

Di tahun sebelumnya, Kantor Imigrasi juga mendeportasi sejumlah WNA. Tercatat, setidaknya ada 19 WNA dideportasi tahun lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Provinsi Jambi Heru Santoso mengatakan, pendeportasian dilakukan pihaknya karena warga negara asing tersebut telah melakukan pelanggaran peraturan-peraturan yang berlaku dan karena hal lainnya.

"Satu warga negara asing asal Malaysia karena ditemukan dalam keadaan terganggu ingatannya, dan sudah dikembalikan. Sedangkan yang dua orang lagi asal China dan Malaysia, mereka melakukan pelanggaran izin tinggal," tuturnya.

Prosedur yang dilakukan sendiri, Heru menyebut, bahwa pihaknya mengamankan dan memulangkan secara tindakan keadministrasian keimigrasian berupa pendeportasian serta penangkalan.

"Tapi untuk satu warga negara Malaysia yang terganggu ingatannya, tidak kami tangkal. Sebab yang bersangkutan tidak ditemukan adanya melakukan pelanggaran, hanya terdampar ditepi jalan. Ini kami kawal kepulangannya hingga Batam," terangnya.

Sementara itu, untuk kategori pelajar ataupun mahasiswa asing yang datang ke Provinsi Jambi guna menempuh pendidikan, Heru menyebut tetap menggunakan izin keimigrasian dengan catatan harus memiliki rekomendasi dari instansi terkait yang dituju. "Jadi tidak semata-mata mereka tidak terdaftar," sampainya.

Sebagian besar WNA asing yang berada di wilayah kerja kantor Imigrasi Kelas I TPI Provinsi Jambi, Heru menyampaikan, hampir sebagian besarnya adalah mahasiswa. "Untuk jumlahnya pastinya saya lupa. Yang jelas 300-an WNA di sini, setengahnya itu merupakan mahasiswa," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments