Minggu, 26 Mei 2019

Program e-Warung Molor, Pemkab Tebo Tetap Salurkan Rastra


Minggu, 14 April 2019 | 20:52:18 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok.metrojambi.com

MUARATEBO - Program warung elektronik (e-Warung) yang digagas Kementerian Sosial melalui BNPT hingga saat ini belum terealisasi. Dipastikan program pengganti Rastra bagi masyarakat pra sejahtera itu molor.

Yani, kepala Dinas Sosial Kabupaten Tebo saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler menuturkan, kemungkinan April ini program e-Warung belum dapat direalisasikan. Lanjut dia, tim teknis baik dari kabupaten ataupun pusat kini sedang melakukan Bintek terkait pemantapan program e-Warung itu.

"Info dari pusat saat ini belum bisa dilaksanakan. Kemungkinan Juni atau Juli nanti baru terealisasi," kata Yani.

Disampaikannya, kegiatan Bintek ada kemungkinan untuk persiapan atau pemantapan sebelum digulirkannya program e-Warung. "Ya tengah dikaji baik seperti apa teknis dan kapan pelaksanaannya," ucapnya.

Untuk sementara ini, lanjut dia, sambil menunggu diluncurkannya program e-Warung, masyarakat penerima bantuan hingga Juni atau Juli nanti tetap masih menerima bantuan Rastra. Dengan begitu, diharapkan ke depan program e-Warung dapat benar-benar terealisasi dan tepat sasaran.  

Untuk diketahui, data masyarakat penerima bantuan nanti oleh BPNT itu sudah terentri di kementerian. Kementerian melalui BPNT tadilah yang mendistribusikan kartu e-Warung ke masyarakat penerima bantuan.

"Data penerima itu seluruhnya ada 13.110 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Jadi tiap KK berhak memperoleh bantuan sebesar Rp 110 ribu yang dikirim tiap bulan. Dan itu bisa dibelanjakan kebutuhan beras atau telur di warung yang ditunjuk oleh pihak bank," bebernya.

Sementara itu, untuk beras yang disiapkan untuk masyarakat penerima bantuan oleh pemerintah sudah ditetapkan jenis dan kualitasnya. "Kita koordinasi juga dengan bulog minta jenis beras yang digunakan sebagai contoh. Karena mereka yang paham jenis beras yang layak disalurkan," ungkapnya.

Terakhir saat disinggung terkait penyaluran Rastra pada Januari dan Februari lalu yang belum disalurkan, Yani mengatakan, dalam dua atau tiga hari ini sudah bisa disalurkan. Nanti camat atau Kades yang menginformasikan.

“Hasil rapat, dalam dua hari Rastra bulan Januari dan Februari segera disalurkan," tuntasnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments