Selasa, 23 April 2019

Masa Tenang, Bawaslu Diminta Copot Semua APK


Minggu, 14 April 2019 | 22:16:57 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KUALATUNGKAL – Memasuki masa tenang menjelang pencoblosan, Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) masih terpasang di setiap sudut kota, termasuk di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

Wakil Bupati (Wabup) Tanjabbar Amir Sakib, meminta Bawaslu agar menertibkan dan mencopot APK Caleg yang masih terpasang di sudut-sudut jalan dan sejumlah titik.

“Saya berharap Bawaslu segera menurunkan seluruh APK caleg dan Capres, karena sekarang sudah masyarakat tenang pemilu,” kata Wabup pada Acara Melepas Pendistribusian Logistik Pemilu di Kantor KPU Tanjabbar Minggu (14/4/2019).

Selain meminta Bawaslu, Amir Sakib juga mengimbau seluruh peserta pemilu bertanggungjawab membersihkan alat-alat peraga yang selama ini mereka pasang sendiri.

“Pasalnya, memasuki masa tenang sudah tidak diperbolehkan lagi pemasangan APK,” jelasnya.

Sementara di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), aparat Kepolisian, Satpol PP, KPU, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Dinas Pasar, mulai ratusan APK pada Sabtu (13/04/) di sejumlah titik.

Ratusan APK caleg berupa billboard, spanduk dan baliho besar kecil diturunkan dan diangkut dengan truck dan sebagian ada yang diserahkan ke partai politik.

Memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, (14/4) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS).

Penertiban APK dan  APS ini susuai dengan berakhirnya tahapan kampanye calon anggota DPR, DPD, DPRD, dan Calon Presiden dan calon wakil Presiden pada tangal 13 april 2019 yang tercantum dalam PKPU 32 tahun 2018.

Dari data yang di peroleh Bawaslu Tanjung Jabung Timur saat ini Panwascam bersama dengan pihak kecamatan, kepolisian, TNI, Sat Pol PP sedang melakukan penertiban APK dan APS.

Ketua Bawaslu Tanjung Jabung Timur, Samsedi ketika di konfirmasi mengharapkan, memasuki masa tenang ini tidak ada lagi aktivitas kampanye yang dilakukan peserta Pemilu.

“Sudah memasuki hari tenang, dan Panwascam di setiap Kecamatan juga sudah melakukan penertiban APK dan APS," ucapnya.

Dikatakannya, untuk parpol sediri memasuki hari tenang sudah dikirimkan surat pemberitahuan terkait penertiban APK, APS dan tidak melakukan kampanye sesuai dengan ketentuan sesuai dengan UU Pemilu 2017.

Sebelumnya sudah ada beberapa LO Partai yang langsung berkomunikasi dengan pihak Bawaslu untuk menurunkan sendiri APS Dan APK yang ada saat ini.

"Yang jelas kita sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran dibawa untuk melakukan penertiban dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Pada masa tenang ini tidak boleh lagi ada APK dan APS yang terpasang,” tuturnya.

Untuk tingkat kabupaten sendiri kita juga telah melakukan patroli Many politik dimana setiap PTPS yang ada Maupun PKD serta Panwascam agar kiranya melakukan giat patroli pengawasan money politik di kecamatan desa kelurahan masing-masing.


Penulis: Solihin/Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments