Senin, 22 April 2019

Wawako Maulana : Anak Adalah Titipan Ilahi, Mereka Harus Dapat Pendidikan

Hadiri "Autism Expo 2019"

Sabtu, 13 April 2019 | 21:15:34 WIB


Wawako Maulana ketika menghadiri kegiatan Autism Expo 2019
Wawako Maulana ketika menghadiri kegiatan Autism Expo 2019 / Amril Hidayat

JAMBI - Seratusan anak berkebutuhan khusus termasuk autism ikut ambil bagian pada "Autism Expo 2019" di Plaza MTC Kota Jambi, Sabtu (13/4) malam, dengan mengusung semangat untuk mengalahkan jurang perbedaan.

Kegiatan yang dimotori oleh Sekolah Luar Biasa Harapan Mulia Kota Jambi tersebut, mengusung tema "Apalah arti perbedaan mari bersama kalahkan perbedaan" dihadiri para peserta didik berkebutuhan khusus berikut orang tua masing-masing.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Jambi Maulana yang secara khusus didampingi putri bungsunya yang masih berusia lima tahun dan istri, Nadiya Maulana. Hadir pula Eplhis Rudi, istri Komandan Korem 042/Garuda Putih serta sejumlah pemangku kepentingan pendidikan luar biasa.

Acara itu puncak berbagai kegiatan ekspo khusus bagi penyandang autism tersebut. Beberapa di antara mereka melakukan peragaan busana anak-anak di panggung di salah plaza mal di bantaran Sungai Batanghari Kota Jambi tersebut.

Gadis kecil dan bujang cilik berlenggang lenggok di atas "catwalk" di atas karpet merah di panggung utama. Mereka tanpa canggung berperan sebagai model fesyen memamerkan pakaian casual anak-anak.

Acara tersebut mendapat perhatian dari pengunjung yang ikut menyaksikan ekspo. Sejumlah anak mendapatkan hadiah berupa piala dari perjuangan mereka mengikuti berbagai lomba. Mereka berkesempatan menerima piala dari Wakil Wali Kota Maulana, Nadiya, Ephis Rudi, serta para pembina dan pendidik mereka dalam suasana suka cita.

Maulana menyebutkan kehadiran anak berkebutuhan khusus di keluarga merupakan titipan Tuhan yang harus diberikan perhatian dan pendidikan seperti anak-anak lainnya.

"Anak-anak adalah titipan Ilahi, dan kita yang mendapat titipan harus menerima, merawat, dan memberikan pendidikan kepada mereka. Tidak ada perbedaan dan mereka harus mendapat bekal melalui pendidikan," katanya.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan pemerintah terus memfasilitasi pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, termasuk autism.

"Saya apresiasi dan salut kepada Ibu Kepala Sekolah SLB Harapan Mulia, yang saya tahu bagaimana perjuangan mewujudkan pendidikan ini. Saya mengikuti betul sejak saya belum jadi wakil wali kota," kata Maulana.

Ia juga mengapresiasi kepada para penyelenggara pendidikan luar biasa lainnya di Kota Jambi dan menitipkan pesan kepada mereka agar memberikan darmabakti untuk kebaikan bidang pendidikan luar biasa.

Selain itu, ia juga berpesan kepada keluarga anak berkebutuhan khusus agar terus memberikan pendampingan dan mencurahkan kasih sayangnya.

"Saya salut untuk mereka, dan pemerintah terus mencoba untuk memberikan dorongan, bantuan dan pendampingan," katanya.

Kepala Sekolah Luar Biasa Harapan Mulia Yuli Maryati menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas dukungan dan partisipasinya sehingga terwujudnya kegiatan Autism Expo 2019 di tempat itu.

"Terus terang kami tidak menyangka dukungan dari berbagai pihak begitu besar, sehingga kegiatan ini bisa terseleggara, bukan sekadar meriah tapi memberi makna dan inspirasi yang luar biasa," katanya. 


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments