Minggu, 15 September 2019

230 CJH Belum Lunasi BPIH, Kota Jambi Terbanyak


Minggu, 14 April 2019 | 21:33:14 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sebanyak 2.899 Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Jambi menunggu diberangkatkan tahun ini. Namun dari jumlah itu, belum semuanya melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Dari data Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jambi, hingga data terakhir 12 April, baru 2.669 yang melunasi BPIH. Artinya masih ada 230 JCH lagi yang belum lunas.  

Meski begitu, bagi mereka yang belum melakukan pelunasan masih ada waktu pelunasan pada 30 April hingga 10 Mei mendatang. Karena diketahui pula untuk tahap satu sendiri bakal ditutup pada Senin (15/4/19) ini.

Kepala Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Thoif mengatakan, belum bisa memastikan apakah ada JCH yang nantinya tidak bisa membayar BPIH ini.  

"Yang jelas sekarang baru 92.07 persen, artinya kalau tahap satu terpenuhi tidak dibuka tahap dua, kita belum bicara tahap dua karena tahap satu belum selesai," ujarnya, Minggu (14/4/2019).

Thoif menyebut, proses untuk menaikkan kuota cadangan nantinya masih panjang. Karena akan dievaluasi terlebih dahulu setelah hari terakhir pelunasan tahap satu. "Jadi kita akan tahu setelah pelunasan tahap dua, berapa JCH yang tidak jadi berangkat dan kuota cadangan yang akan naik,” ujarnya.

Yang jelas, kata Thoif, nantinya jumlah kuota untuk Jambi sendiri tidak bisa melebihi dari 2.899. "Itu kuota kita, ketika ada peluang tahap dua tidak terpenuhi baru cadangan naik, akan panjang lagi prosesnya," jelasnya.

Sedangkan untuk yang belum melunasi saat ini Thoif memperkirakan karena banyak faktor. Itulah nanti yang akan dievaluasi oleh pihaknya, guna mengetahui apa penyebab JCH kuota tahun 2019 belum juga melakukan pelunasan.  

"Ini yang belum terdeteksi termasuk yang gagal sistem saat membayar, yang jelas untuk tahap satu itukan prioritas pada yang belum pernah haji," terangnya.

Dari data yang diberikan Kanwil Kemenang Jambi, terlihat untuk Kota Jambi menjadi daerah yang terbanyak belum melakukan pelunasan. Yakni sebanyak 81 JCH belum melakukan pelunasan dari kuota 622 JCH, atau hanya 541 yang sudah melakukan pelunasan.

Sedangkan untuk daerah yang paling sedikit JCH-nya belum melunasi BPIH Kabupaten Tanjung Jabung Timur yakni dari kuota 35 JCH hanya 1 JCH tersisa yang belum melakukan pelunasan.

Nantinya khusus untuk pelunasan tahap dua tersendiri apabila tahap satu tidak terpenuhi akan diperuntukkan bagi JCH yang gagal sistem saat pelunasan tahap satu. Kemudian diperuntukkan bagi JCH kuota tahun 2019 yang pernah berhaji sebelumnya, lalu untuk pendamping lansia 75 tahun ke atas. Ada juga untuk penggabungan suami istri dan orang tua anak kandung.

Kemudian ada pula dijadwalkan bagi pelunasan lansia usia diatas 75 tahun yaitu tanggal 7 Juli 2019. Terakhir jamaah haji cadangan sebanyak lima persen sesuai keterangan dari Kemenag RI.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments