Rabu, 19 Juni 2019

Usai Terima SK, CPNS Pemprov Jambi Ikuti Pelatihan Dasar


Senin, 15 April 2019 | 14:47:05 WIB


/ istimewa

JAMBI – Surat Keputusan (SK) pengangkatan bagi 217 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Jambi tahun 2018 belum lama ini telah diserahkan. Sebelum memulai tugasnya, 217 CPNS tersebut harus mengikuti pelatihan dasar yang diadakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, 15 April hingga 6 November 2019.

Gubernur Jambi Fachrori Umar yang diwakili Asisten III Setda Provinsi Jambi Sudirman menyampaikan, pelatihan dasar bagi CPNS merupakan salah satu program untuk mempersiapkan sumber daya aparatur pemerintahan.

"Kita memang memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan sumber daya aparatur yang tidak lain adalah mempersiapkan aparatur pemerintahan yang berdisiplin tinggi mampu bekerja cerdas cepat dan berkualitas yang berangkat dari ketebalan iman dan taqwa dalam diri setiap aparatur serta penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Sudirman saat membuka pelatihan dasar di aula gedung BPSDM Provinsi Jambi, Senin (15/4/2019).

Sudirman menyebut, dalam upaya mempersiapkan sumber daya aparatur tersebut pemerintah senantiasa menyelenggarakan diklat pelatihan dasar calon bagi CPNS. "Ini adalah Diklat awal yang bermanfaat sebagai media bagi CPNS untuk mengenal lingkungan birokrasi," tuturnya.

Dikatakannya lahi, lingkungan birokrasi tentu saja berbeda dengan lingkungan mereka sebelumnya. Sebab, birokrasi mempunyai tantangannya sendiri serta birokrasi memiliki aturan dan ketentuan tersendiri memiliki mekanisme dan prosedur tersendiri serta memiliki struktur hubungan antara pimpinan dan bawahan.

Oleh karena itu, melalui pelatihan dasar ini Sudirman mengatakan para CPNS bisa mempelajari cara kerja birokrasi, seperti menguasai aturan dan ketentuan birokrasi, memahami aturan dan prosedur membangun hubungan kerja dengan pimpinan serta perlu mengembangkan sikap dan perbuatan sebagai salah seorang birokrat.

"Untuk itu saya berharap kita semua harus mampu memacu diri untuk terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang berbagai persoalan pemerintahan dan kemasyarakatan yang tidak menghendaki pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh aparatur jauh tertinggal dari pengetahuan dan wawasan masyarakat itu sendiri," terangnya.

Sudirman menyebut bahwa sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat, aparatur sipil negara harus memberikan contoh yang baik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara terlebih lagi setelah diangkat menjadi ASN dengan sumpah dan janji untuk melaksanakan tugas.

"Tentunya kita berharap agar pelayanan yang diberikan oleh mereka-mereka calon-calon pemimpin ini bisa menjadi lebih baik kedepannya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Jambi Iskandar Nasution mengatakan jika pelatihan ini diikuti CPNS tenaga medis dan guru, yang terbagi menjadi 6 angkatan dengan sistem kerja on Off.

"Angkatan pertama dengan kelas 18 hari, setelah itu off dilanjutkan angkatan kedua, off lagi, lalu angkatan ketiga begitu seterusnya," sebutnya.

Kemudian, lanjut Iskandar, materi yang disampaikan mengenai kedisiplinan, wawasan kebangsaan, dan hal-hal terkait perilaku sebagai PNS. "Ada juga materi tentang belanegara, dan beberapa materi lainnya," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments