Selasa, 18 Juni 2019

Pemkab Merangin akan Buat Kampung Lansia


Senin, 15 April 2019 | 20:57:37 WIB


Bupati Merangin Al Haris
Bupati Merangin Al Haris / dok.metrojambi.com

MERANGIN - Guna membahagiakan para orang tua Pemkab Merangin akan luncurkan meluncurkan program dokter ke rumah lansia. Al Haris Bupati Merangin mengatakan, Lansia harus mendapatkan perhatian kesehatan khusus, mendapat kesempatan yang layak.

"Jadi jangan sampai ada Lansia ikut mengantre berobat di Puskesmas, tapi dokter yang memberikan pelayanan kesehatan ke rumah Lansia. Lansia juga jangan ada yang ikut mengantre ketika membutuhkan pelayanan bank," pinta Haris.

Al Haris juga akan membuat Kampung Lansia di kawasan Sungai Misang Bangko, sehingga keberadaan Lansia yang jumlahnya mencapai 26 ribu orang dan sebanyak 800 orang diantaranya sudah pikun di Merangin, bisa terlayani dengan baik.

"Kampung Lansia itu dilengkapi Puskesmas pelayanan kesehatan, tempat ibadah, berbagai sarana olahraga Lansia dan fasilitas lainnya. Kita fasilitasi para lansia kita untuk khusuk beribadah di kampung Lansia itu," jelasnya  

Bupati menyarankan dibuat Pekan Lansia dengan berbagai kegiatan untuk menghibur para Lansia Merangin. Pekan Lansia itu selanjutnya bisa dikembangkan menjadi bulan Lansia.

Sementara itu Wabup Merangin, H Mashuri yang juga Ketua Dewan Lansia Merangin mengatakan, para Lansia telah banyak berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Merangin.

"Sudah sepantasnya kita memberikan fasilitas kepada para Lansia kita. Bhakti anak muda terhadap para orangtua itu harus suci, tingkatkan terus perhatian dan kasih sayang kita kepada orangtua," ujarnya.

Terpisah Sekretaris Pengda Lansia Provinsi Jambi, Refinol minta dibuat Peraturan Daerah (Perda) untuk kesejahteraan para Lansia. “Jadikan orangtua kita itu ratu atau raja. Jangan orangtua kita jadikan seperti pembantu,” ujarnya.

Tampil sebagai penceramah pada peringatan HLUN 2019 yang dihadiri Ketua MUI Merangin H Satar Saleh dan diikuti ratusan Lansia dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin itu, Ustadz M Amin dari Kota Jambi.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments