Selasa, 23 April 2019

Bawa Kayu Tanpa Dokumen, 3 Orang Diamankan


Senin, 15 April 2019 | 21:48:06 WIB


Petugas Ditpolar Polda Jambi saat mengamankan 12 kubik kayu yang diangkut tanpa dokumen
Petugas Ditpolar Polda Jambi saat mengamankan 12 kubik kayu yang diangkut tanpa dokumen / istimewa

JAMBI – Petugas kepolisian dari Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi beberapa hari menangkap tiga orang anak buah kapal (ABK) karena mengangkut kayu tanpa dokumen sebanyak 12 kubik. Ketiganya adalah Putra, Junaidi, dan Sofian.

“Kayu tersebut dari Riau dengan tujuan Jambi,” ujar Direktur Polair Polda Jambi Kombes Pol Fauzi Bakti Mochji saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/4/2019).

Fauzi menyebutkan, 12 kubik kayu yang diamankan jenis Meranti dan Pulai. Dikatakan Fauzi, kayu yang diangkut ketiga pelaku tidak disertai dengan dokumen pengiriman maupun kepemilikan.

“Kita amankan di Perairan Lingga. Tujuannya ke Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim),” kata Fauzi.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, saat ini ketiga pelaku diamankan di Markas Unit Patroli (Marnit) Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Hasil pemeriksaan, kata Fauzi, kayu tersebut akan diantarkan kepada seseorang berinisial KY di Kabupaten Tanjabbar.

Fauzi menyebutkan kayu sebanyak 12 kubik tersebut jika di uangkan akan bernilai Rp 35 juta. Nakhoda kapal mendapat upah Rp 300 ribu, sedangkan ABK mendapat Rp 300 ribu untuk satu kali pengiriman.

“Pengakuan pelaku baru pertama menyelundupkan ke kayu. Tapi keterangan mereka masih kita dalami,” pungkasnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Nomro 13 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 KUHAP. Ancaman hukumannya 15 tahun penjara.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments