Minggu, 21 Juli 2019

Bupati Didampingi Wabup Buka Jambore PKK Tingkat Kabupaten Merangin


Selasa, 23 April 2019 | 14:19:03 WIB


Pelepasan balon oleh bupati dan wabup sebagai tanda dibukanya Jambore PKK Kabupaten Merangin 2019
Pelepasan balon oleh bupati dan wabup sebagai tanda dibukanya Jambore PKK Kabupaten Merangin 2019 / Humas Merangin

BANGKO - Bupati Merangin H. Al Haris didampingi Wabup H. Mashuri kemarin (23/4), membuka Jambore PKK tingkat Kabupaten Merangin 2019. Acara yang digelar di halaman depan kantor Dinas PMD itu berlangsung meriah.

Pada acara yang dihadiri Ketua TP PKK Merangin Hj. Hesti Haris, Wakil Ketua TP PKK Merangin Hj. Nuraida Mashuri dan pengurus TP PKK Merangin itu, Haris menyampaikan jika PKK sudah banyak berperan membangun Merangin.

"Kiprah Gerakan PKK ikut dalam mensejahterakan masyarakat, dirasakan sampai ke pelosok desa terpencil. Hebatnya lagi melalui swadaya anggotanya, PKK punya gerakan Bhakti Sosial Jumat Peduli," ujar Haris.

Jumat Peduli, kata Haris, dimana para pengurus PKK turun ke desa menyantuni keluarga prasejahtera. Program ini, lanjut Haris, perlu terus dikembangkan dan butuh peran para kepala desa serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dikatakannya lagi, Jambore PKK selain sebagai ajang prestasi, juga ajang inovasi dari masing-masing PKK desa. Haris menegaskan, para camat juga harus banyak melakukan inovasi-inovasi dalam membangun daerahnya, jika tidak akan diganti.

Sementara itu, Hj. Hesti Haris menjelaskan, terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, akan semakin memperkuat kiprah gerakan PKK.

"Perpres yang ditetapkan pada bulan November 2017 tersebut merupakan dasar hukum yang mengatur gerakan PKK dan juga sebagai pedoman operasional gerakan PKK. Perpres ini bertujuan untuk menguatkan dan meluaskan gerakan PKK dalam rangka mempercepat pencapaian keluarga sejahtera." ujar Hesti.

Pada Jambore PKK tersebut digelar berbagai lomba, mulai dari devile peserta, lomba pidato program PKK dan berbagai lomba di masing-masing kelompok kerja (Pokja) PKK. Jambore PKK juga dimeriahkan bazaar dan demo memasak.

"Pemenang dari berbagai lomba ini nanti akan mengikuti lomba pada Jambore PKK tingkat Provinsi Jambi, yang akan digelar pada Agustus mendatang. Untuk itu juri harus bisa memilih bibit-bibit unggul sebagai pemenang," pinta Hesti.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments