Rabu, 19 Juni 2019

Sudah Ada SK Gubernur, Pemusnahan Arsip Segera Dilakukan


Selasa, 16 April 2019 | 11:06:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Setelah tertunda sejak Desember 2018 lalu, pemusnahan puluhan ribu arsip akan dilaksanakan pada akhir April 2019 ini. Pemusnahan bisa dilakukan setelah adanya SK yang ditandatangani Gubernur Jambi.

Kepala Bidang Konservasi Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jambi Irsan mengatakan, kejelasan soal pemusnahan ini setelah SK yang dinaikkan pada Februari lalu diteken Gubernur Jambi pertengahan Maret lalu.

"SK nya diteken bulan kemarin, jadi kami tengah proses di ANRI pusat," ujarnya, Senin (15/4/2019).

Irsan memperkirakan jika tidak ada lagi kendala maka pemusnahan sekitar 10.948 arsip bakal dilakukan akhir April ini. "Nanti akhir April kemungkinan pemusnahannya," kata Irsan.

Sedangkan untuk teknisnya, Irsan menyebut tak ada yang berubah. Dan dalam pemusnahan nantinya, pihaknya akan menaati aturan soal pemusnahan barang bekas, dan menjamin tak akan ada arsip yang akan diselewengkan untuk dijual.

"Sesuai aturan kita jamin semua akan dibakar, tidak ada yang akan bisa menjual arsip ini," ujarnya.

Dijelaskan Irsan, pemusnahan ini menjadi penting karena gudang arsip di Kantor Arsip Jambi sudah penuh terisi oleh berkas usang milik Pemerintah Provinsi Jambi. Tepatnya berkas arsip sejak tahun 1977 hingga 2009.

Ia juga menyebut bahwa ini merupakan pemusnahan arsip pertama di Provinsi Jambi, karena sebelumnya belum dikumpulkan arsip dari seluruh OPD. Hingga pada tahun 2009 ada kebijakan pengumpulan arsip dari OPD pemerintah Provinsi ke Dinas Arsip Daerah yang ternyata jumlahnya membludak.

"Nantinya ada juga kebijakan agar OPD menyerahkan arsip yang ada nilai guna saja, sedangkan arsip yang tidak penting dikelola sendiri," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments