Jumat, 22 November 2019

Caleg Terpilih Ditetapkan 3 Juli


Jumat, 21 Juni 2019 | 10:14:27 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Penetapan calon terpilih pada Pileg 17 April lalu, akan dilakukan pada 3 Juli mendatang. Namun tidak bagi daerah yang tengah mengajukan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi, mengatakan, proses penetapan calon terpilih tersebut akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang bagi yang tidak ada gugatan ke MK. “Penetapan akan dilakukan rentang waktu 1-5 Juli mendatang," katanya, Kamis (20/6).

Sedangkan untuk yang sedang mengajukan gugatan ke MK seperti Kota Jambi, Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Kerinci, dan Provinsi Jambi, pihaknya akan menunggu proses sengketa selesai pada awal Agustus mendatang.

"Kita selesaikan dulu proses sengketanya, baru bicara untuk penetapan. Takutnya ada yang berubah nanti," ucap anggota Komisioner KPU Provinsi dua periode ini.

Untuk diketahui, beberapa daerah yang tidak ada gugatan hasil Pemilu yakni Kota Sungai Penuh, Merangin, Bungo, Tebo, Batanghari dan Muarojambi.

Terpisah, Ketua KPU Bungo, Muhammad Bisri juga mengatakan, penetapan nama Caleg terpilih akan dilakukan 3 Juli 2019.

“Penetapan kursi dan calon terpilih diprediksi paling lambat 3 hari setelah pencatatan di BRPK bagi yang tidak ada gugatan MK. Bagi yang ada gugatan paling lambat 3 hari setelah putusan,” ujar Bisri.

Penetapan anggota DPRD terpilih akan ditetapkan oleh masing-masing KPU. Selanjutnya, calon-calon terpilih tersebut kemudian akan disampaikan ke Gubernur Jambi beberapa hari setelah penetapan.

Hingga kini, KPU Bungo belum mengetahui secara legal Caleg yang terpilih akan dilantik. Secara resmi nama-nama itu setelah penyelesaian sengketa di MK.

Meski sengketa Pemilu berkaitan dengan hasil Pilpres, namun berpengaruh pada jadwal penetapan calon anggota legislatif terpilih. Kabarnya, MK akan mengeluarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) pada 1 Juli 2019.


Penulis: Sahrial/Budi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments