Selasa, 26 Oktober 2021

Bawaslu Sarolangun Rekomendasikan Satu TPS di Bathin VIII Gelar PSU

Sabtu, 27 April 2019 | 11:03:29 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun merekomendasikan agar dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Desa Teluk Kecibung, Kecamatan Bathin VIII.

Bawaslu merekomendasikan digelasnya PSU karena adanya selisih suara di TPS tersebut. Bahkan ada dugaan telah terjadi kecurangan di TPS tersebut.

"Ya, ada PSU di TPS 4 Desa Teluk Kecibung, Bathin VIII, kata Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono, Jumat (26/4/2019).

Rekomendasi PSU ini, terang Edi, sesuai jenjang. Direkomendasikan oleh Panwas tingkat Kecamatan Bathin VIII kepada PPK Kecamatan Bathin VIII, karena adanya selisih perhitungan surat suara.

"Yang merekomendasinya Panwas Kecamatan Bathin VIII. Tadi malam sudah dirkomendasi dari Panwaslu Kecamatan ke PPK. Nanti PPK akan meneruskan ke KPU," terangnya.

Diduga pelanggaran yang dilakukan, kata Edi, ada yang menggunakan hak pilih dan hak pilih itu bukan hak yang seperti saksi dan anggota KPPS sehingga ditemukan selisih jumlah suara yang tidak sinkron.

"KPU yang mengaturnya dan kini KPU lagi mempersiapkan logistiknya," ujar Edi.

Terpisah, Ketua KPU Sarolangun M Fakhri saat dihubungi belum bisa memberikan keterangan. "Kita lagi rapat,"kata Fakhri via ponselnya.


Dari data yang dihimpun, terjadinya selisih suara di TPS 4 Desa Teluk Kecimbung yakni 36 surat suara. Perbedaan ini diketahui saat pleno PPK Kecamatan Bathin VIII yang mendapat protes dan sanggahan dari saksi-saksi partai yang hadir karena ada tidak singron terjadi selisih suara antaran suara untuk DPRD kabupaten dan DPRD Provinsi.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments