Senin, 24 Februari 2020

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok di Pasar Angsoduo Masih Stabil


Senin, 29 April 2019 | 14:38:52 WIB


 Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi memantau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Angsoduo Baru, Senin (29/4/2019) pagi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional, Ir. Arlinda, MA, didampingi Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi.
Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi memantau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Angsoduo Baru, Senin (29/4/2019) pagi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional, Ir. Arlinda, MA, didampingi Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi. / Istimewa

JAMBI - Menjelang bulan suci Ramadan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi memantau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Angsoduo Baru, Senin (29/4/2019) pagi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional, Ir. Arlinda, MA, didampingi Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi.

Arlinda mengatakan, harga dan stok bahan pokok di Jambi cukup stabil dan tidak bergejolak. Hanya saja terdapat beberapa komoditi pangan yang dilihat perlu penanganan, terutama bawang putih.

"Tadi saya lihat harga beberapa bahan pokok seperti cabai merah, telur, daging ayam, daging sapi, minyak goring, serta beberapa produk yang kita pantau, termasuk bawang merah terlihat stabil, cuma yang jadi permasalahan saat ini adalah stok bawang putih," ujarnya usai melakukan pemantauan.

Sebelum melakukan pantauan, tepatnya 21 April lalu, terrnyata harga bawang putih sempat Rp 40 - 50 ribu per kilogram. Sedangkan pemerintah sudah menggelontorkan sekitar 22 ton bawang putih.

"Barusan kita turunkan juga stoknya tiga ton dengan harga 450 ribu per 20 kilogram, jadi harga rata-rata 22.500 kilogram dan itu harga untuk pedagang, sedangkan untuk konsumen harganya tidak lebih dari 32 ribu," ujarnya.

Arlinda berharap dengan upaya ini pemerintah bisa memberikan suplay kebutuhan bawang putih kepada masyarakat Jambi. "Mudah-mudahan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya idul Fitri stok bawang putih dan harga tetap stabil," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi M. Dianto mengatakan, setiap hari Tim Satgas Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Kepolisian terus memantau harga bahan pokok yang ada dipasar.

Dirinya menyebut jika harga naik secara continue dalam satu atau dua hari, maka Tim Satgas Pangan segera mencari jalan keluar. "Alhamdulillah kedatangan ibu Dirjen ini kita bisa menyampaikan keluhan kita, kebutuhan kita untuk nanti di kementerian Perdagangan juga minta dibahaskan mengenai kuota pangan di Jambi," tuturnya.

Dianto juga berharap, sebelum memasuki bulan Ramadan kebutuhan bawang putih di Jambi melalui distributor yang ada di pusat dan juga di Jambi, stok kebutuhan masyarakat Jambi dapat terpenuhi sehingga tidak terjadi gejolak harga. "Terutama stok bawang putih yang kita alami pada hari-hari yang lalu," kata Dianto.

Diketahui, untuk daftar harga rata-rata bapok di pasar Angso Duo baru pada hari ini yakni Minyak Goreng Rp 12.000 per liter, tepung terigu Rp 7.000 per kilogram, beras premium Rp 12.000 per kilogramg, beras medium Rp 9.000 per kilogram, daging ayam Rp 26.000 per kilogram, daging sapi Rp 120.000 kilogram, ikan kembung Rp 28.000 per kilogram, telur ayam Rp 24.000 per kilogram, cabai merah Rp 18.000 per kilogram, cabai rawit Rp 16.000 per kilogram, bawang merah Rp 26.000 per kilogram, bawang putih Rp 24.000 per kilogram, dan gula kemasan Rp 11.000 per kilogram.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments