Selasa, 15 Oktober 2019

Gunung Kerinci Keluarkan Abu Tebal, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah


Jumat, 03 Mei 2019 | 06:54:08 WIB


Mobil milik warga Kayu Aro dipenuhi abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Kerinci, Kamis (2/5/2019) malam
Mobil milik warga Kayu Aro dipenuhi abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Kerinci, Kamis (2/5/2019) malam / Metrojambi.com

KERINCI - Masyarakat Kabupaten Kerinci, terutama yang berada di wilayah Kayu Aro, Kamis (2/5/2019) malam, resah dengan semburan debu yang dikabarkan merupakan abu vulkanik dari Gunung Kerinci.

"Abu vulkanik yang keluar dari Gunung Kerinci sudah tidak biasa, sudah tidak berbentuk abu lagi. Tapi lebih berbentuk butiran," kata salah seorang warga.

Menurutnya, abu vulkanik saat ini sudah tidak seperti biasanya. Debunya sudah semakin tebal dan mengkhawatirkan."Debunya sudah cukup parah, kami jadi khawatir," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bendung M Yasri saat dikonfirmasi membenarkan adanya semburan abu vulkanik, namun hanya di sebagian wilayah Kayu Aro yang terkena.

"Yang terkena dari Desa Sangir sampai Bendung Air. Turunnya abu vulkanik terjadi sejak selesai Isya tadi," ujar Yasri.

Camat Kayu Ari Edi Ruslan saat dikonfirmasi juga membenarkan abu vulkanik yang disemburkan gunung Kerinci ke permukiman warga.

"Mungkin pengaruh angin, yang terkena hanya Desa Sangir, Sangir Tengah, Sungai Bendung Air dan sekitarnya," ujarnya.

Atas informasi tersebut, dirinya telah berkoordinasi dengan kades mengimbau warga untuk memgurangi aktivitas di luar rumah untuk sementara. Bahkan dia juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas, untuk menyiapkan masker, manakala kondisi abu vulkaniknya semakin parah.

"Ini kondisi yang wajar. Informasi terbaru abu vulkaniknya sudah mulai tidak begitu banyak lagi. Tapi kita tetap meminta masyarakat waspada," jelasnya.

Kasi BBTNKS Kerinci Nurhamidi saat dikonfirmasi juga membenarkan hal itu. Dia mengatakan berdasarkan laporan petugas dilapangan telah terjadi hujan debu belerang di sekitar Kantor Camat Kayu Aro.

"Aroma Belerang dan debu sudah sampai di Kantor Resort Kerinci Utara (R10)," ujarnya singkatnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments