Kamis, 22 Oktober 2020

Empat Caleg DPRD Sarolangun Terpilih Tak Bisa Diusulkan untuk Dilantik


Rabu, 08 Mei 2019 | 13:49:55 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Empat calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Sarolangun terancam tak bisa ditetapkan sebagai calon terpilih meski telah memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 17 April 2019 lalu.

Mereka adalah M Syaihu (Demokrat), Cik Marleni (Golkar), Aang Purnama (Demokrat), dan A Zakir Azmi (Golkar).

Berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, dimana calon terpilih yang masih aktif menjadi anggota DPRD padahal dia mencalonkan diri dengan pindah partai, maka tidak dapat diusulkan menjadi calon terpilih.

Dikatakan Ali Wardana, komisioner KPU Sarolangun, keempat caleg yang terpilih itu bisa ditetapkan sebagai caleg terpilih, namun tak bisa diusulkan untuk dilantik.

"Harus melampirkan SK pemberhentian sebagai anggota DPRD. Jika tidak maka tidak akan bisa diusulkan. Bisa ditetapkan tapi tak bisa diusulkan," kata Ali, Rabu (8/5/2019).

Ali yang ditemui di sela rapat pleno KPU Provinsi Jambi di BW Luxury Hotel, Kota Jambi melanjutkan, pengusulan caleg terpilih itu diperkirakan akan dilakukan pada Juni mendatang. Sementara registrasi gugatan di MK dilakukan pada 23-25 Mei mendatang.

"Jika masih menjabat tidak bisa diusulkan," pungkasnya. 


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments