Senin, 26 Oktober 2020

Soal Selisih Data yang Disebut Bawaslu, Ini Kata Ketua KPU Bungo


Rabu, 08 Mei 2019 | 14:38:54 WIB


Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Jambi
Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Jambi / istimewa

JAMBI - Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Jambi, hari ini, Rabu (08/05) dimulai. Rekapitulasi ini dimulai dari Kabupaten Bungo dan hal ini mendapat pertanyaan dari Bawaslu Provinsi, karena menurut Bawaslu perbedaan data DB1 dengan DA1 yang dipegang Bawaslu. 

Menanggapi hal ini, Ketua Ketua KPU Bungo Bisri mengatakan pihaknya akan mengikuti apa yang diputuskan oleh KPU Provinsi selaku pimpinan sidang, apa yang harus dilakukan untuk mensinkronkan selisih-selisih angka perolehan suara peserta Pemilu.

Baca Juga: Soal Perbedaan Data, Asnawi: Jika Tidak Ditindaklanjuti Jadi Temuan

"Kita ikut, apakah kita adu DA1 kita dengan DA1 Bawaslu, sehingga ketemu dimana titiknya. Kami mau seperti itu saja biar clear, tidak ada lagi kecurigaan-kecurigaan menganggap bahwa KPU Bungo ada tendensi negatif, saya pengin clear juga di forum ini," tegasnya.

Lalu apakah ada kemungkinan DA1 KPU dengan DA1 yang dipegang Bawaslu berbeda? Bisri tak mau komentar karena menurut dia, saat pleno tingkat kabupaten Bawaslu juga pegang DA1. "Saksi juga pegang DA1, makanya hari ini jujur kami kaget ketika persoalan ini ada, makanya kami juga ingin ini clear," tegasnya.

Kalaupun ada selisih, kata Bisri, dimana selisihnya. "Kalau memang benar selisih silakan kembalikan, karenanl itu hak dan kita juga tidak mempersoalkan itu tapi ada solusinya bagaimana, dan kita cocookan data Bawaslu dengan data kita, karena Bawaslu juga bawa data itu," sebutnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments