Sabtu, 20 Juli 2019

Harga Bawang Putih Kembali Stabil


Kamis, 09 Mei 2019 | 15:14:12 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

TEBO Harga bawang putih kemarin sempat melonjak dalam beberapa hari terakgir di angka Rp 80 ribu, kini sejak Kamis (10/5) kembali normal di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Tebo.

Pantauan Dinas Perindag Tebo di pasar Tebo, harga bawang putih saat ini sudah kembali normal yakni di angka Rp 40 ribu.
"Alhamdulilah saat ini harga bawang putih sudah normal yaitu Rp 40 ribu," ucap Edi Sofyan, Kabid Peridag Dinas Perindag Tebo kemarin.

Edi mengatakan lonjakan harga bawang putih di kisaran Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu kemarin diakibatkan kelangkaan pasokan. Pasalnya bukan hanya di Tebo isu kenaikan harga bawang putih yang gila gilaan ini sudah menjadi permasalahan nasional.

"Yang jelas sekarang pasokan cukup, harga sudah normal," kata Edi yang tidak mengetahui pasokan bawang putih didatangkan dari mana.
Sementara itu Hazairi, tim Satgas Pangan Pemkab Tebo membenarkan jika harga bawang putih sudah normal. Info ini baru ia terima setelah adanya koordinasi dengan tim teknis yakni Disperindag.

"Kemarin itu sempat macet didaerah tanjung priok, sekarang sudah aman," ungkapnya meyakini. Sejauh ini pantauan tim Satgas selama ramadhan hingga lebaran belum terjadi lonjalam harga atau permainan harga dari pihak spekulan.

"Kalau nanti kita temukan adanya permainan harga bakal kita tindak," kata Hazairi. Diberitakan sebelumnya jelang bulan puasa kebutuhan harga pokok sempat mengalami lonjakan, terutama komoditi bawang putih. Di Tebo harga bawang putih semoat menyentuh harga di angka Rp 80 ribu. Lonjalan ini tentu berdampak pafa penjualan serta pembelian.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments