Rabu, 19 Februari 2020

Hari Ini Hasil UNBK Diumumkan, Ini Daftar Siswa Peraih Nilai Tertinggi di Provinsi Jambi


Kamis, 09 Mei 2019 | 17:25:05 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok

JAMBI - Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA dan SMK telah keluar. Mulai hari ini, pihak sekolah sudah bisa mengumumkan hasil UNBK tersebut kepada para siswa di sekolah. Namun untuk pengumuman kelulusan baru bisa diumumkan pada tanggal 13 Mei mendatang, sebab nilai UNBK bukan menjadi standar kelulusan siswa. 

Ketua Pelaksana UNBK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Sugiyono, saat menyampaikan, mekanismenya diserahkan kepada pihak sekolah apakah mau mengumumkan hasil UNBK ini terlebih dahulu, atau berbarengan dengan pengumuman kelulusan. Sebab, pertanggal 8 Mei Kemarin, hasil UNBK sudah diserahkan kepada semua sekolah. 

"Sekarang sekolah sudah bisa mengumumkan. Kemarin siang hasilnya sudah diserahkan ke sekolah-sekolah. Sebab hasil UNBK itu sudah diserahkan pihak kementrian pada tanggal 7 Mei Kemarin, dan baru bisa diumumkan setelah diumumkan oleh kementrian," bebernya, Kamis (8/5/2019).

Sedangkan untuk pengumuman kelulusan sendiri, dirinya menyebut akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Mei mendatang. "Sesuai Prosedur Operational Standar (POS) UN 2019. Yang nantinya jadwal kelulusan berbeda antar sekolah," tuturnya.

Pengumuman jadwal kelulusan yang berbeda itu, Kata Sugiyono guna meminimalisir terjadinya konvoi siswa didalam merayakan kelulusan. 

"Untuk kelulusan sendiri ditentukan oleh masing-masing sekolah dari rata-rata nilai rapor di semester satu hingga enam serta Nilai Ujian Akhir Sekolah. Sedangkan, UNBK dinilai sebagai keikutsertaan saja," terangnya.

Untuk hasil nilai UNBK sendiri, siswa dengan nilai UNBK tertinggi se Provinsi Jambi untuk program IPA diraih oleh Apridyah Nurhafizah asal sekolah MAN Insan Cendikia Jambi dan Kristanto Desun asal sekolah SMAS Xaverius 1 Kota Jambi dengan total nilai sama 392.00. 

Kemudian untuk program IPS nilai UNBK tertinggi diraih oleh Silvia Renita, asal sekolah SMAS Xaverius Kota Jambi dengan total nilai 369.00. 

Sementara itu untuk Program Bahasa nilai UNBK tertinggi diraih oleh Septi Dilla Safitri asal sekolah SMAN 2 Tebo, dengan total nilai 309.50. 


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments