Kamis, 1 Oktober 2020

Beasiswa Disdik Provinsi Jambi 2019 Ditambahkan untuk Hafiz Pesantren


Kamis, 09 Mei 2019 | 15:06:48 WIB


Kadis Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto
Kadis Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto / dok/metrojambi.com

JAMBI - Program 15 ribu beasiswa Pemerintah Provinsi Jambi masih berlanjut tahun ini. Namun, untuk pencairan masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) yang sedang disusun.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Agus Herianto mengatakan, ada perubahan dalam Peraturan Gubernur tentang beasiswa ini. Yakni tahun ini ada tambahan penerima beasiswa untuk Hafiz yang merupakan anak pesantren.

"Itu ada perubahan Pergub, kemudian Juknis juga harus ada. Kan ditambahkan Hafiz untuk anak pesantren," katanya. Agus mengatakan ada sekitar 400 kuota penerima beasiswa Hafiz pesantren ini. Dimana, dua tahun sebelumnya hafiz ini tidak termasuk dalam kategori penerima beasiswa Disdik.

Diketahui, total beasiswa yang akan diterima oleh para santri Hafiz ini, adalah Rp 1,2 juta perorang. Dimana, beasiswa ini merupakan beasiswa prestasi dan diserahkan dalam bentuk uang. Berbeda dengan beasiswa untuk SMA dan SMK.

Keduanya mendapat beasiswa tidak dalam bentuk uang, melainkan sebagai penerima manfaat. Beasiswa SMA dan SMK ini seperti mengikuti pelatihan.
"Tidak sama dengan SMA dan SMK, beasiswa hafiz ini dalam bentuk uang. Sama seperti beasiswa prestasi," terang Agus.

Sementara itu, untuk beasiswa SMA dan SMK, dia menyebutkan kemungkinan akan cair pada tahun ajaran baru. Saat ini pihaknya sedang memverifikasi apakah syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

"Insya Allah, setelah semua persyaratan terpenuhi, bisa langsung dicairkan," tuturnya. Untuk diketahui, program 15 ribu beasiswa ini sudah dimulai sejak 2017 lalu. Hingga 2021 nanti, secara bertahan 15 ribu beasiswa bisa disalurkan. Tahun ini, ada kuota sekitar 600 penerima beasiswa dengan total anggaran disediakan sebesar Rp 15 miliar.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments