Rabu, 1 April 2020

Jelang KBM Dimulai, SD 1 Kota Jambi Terapkan Pesantren Kilat


Jumat, 10 Mei 2019 | 14:21:04 WIB


SD Negeri 01 Kota Jambi mengadakan pesantren kilat
SD Negeri 01 Kota Jambi mengadakan pesantren kilat / Jainal Abidin

JAMBI- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SD Negeri 1 Kota Jambi tidak ada yang berubah selama memasuki Bulan Ramadhan 1440 Hijriah tahun ini, hanya saja sekolah menerapkan kegiatan pesantren kilat setiap hari jelang dimulai kegiatan belajar di kelas.

Salah satu guru mata pelajaran Agama Islam Zuraida mengatakan, kegiatan pesantren kilat di sekolah akan digelar hingga jelang libur menyambut hari raya mendatang, sehingga para siswa mengikuti kegiatan keagamaan yang dilakukan sekolah.

" Mereka selama Ramadhan mengikuti pesantren kilat," katanya, Jumat (10/5). Selama kegiatan pesantren kilat, para siswa akan melakukan kegiatan Salat Dhuha berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan pengajian atau tadarusan, dan setor ayat, serta pemberian materi keagamaan oleh guru agama di dalam kelas.

" Materinya tentang puasa dan tadarus," ungkapnya. Selama kegiatan, anak- anak harus mengikuti dengan baik karena setiap penyampaian materi nantinya akan diberikan pertanyaan kepada siswa, dan bagi siswa yang bisa menjawab dengan benar akan diberikan penghargaan atau reward.

" Kuis diberikan di akhir materi," imbuhnya. Dengan diberikan penghargaan, diharapkan peserta didik lebih bersemangat selama mengikuti kegiatan pesantren. Terlebih siswa juga sedang menjalani ibadah puasa yang bertujuan tidak ngantuk dan lesu.

" Kalau tidak bersemangat materinya sia- sia di sampaikan," paparnya.

Kemudian nantinya siswa juga dibiasakan melakukan sesekah, dan ini rutin dilakukan sekolah setiap bulan Ramadhan, dan nantinya hasil bantuan yang terkumpul akan diberkan kepada yang membutuhkan.

"Biasanya kita berikan ke panti- panti," jelasnya.

Hal ini bertujuan mengajarkan siswa sajak ini untuk saling membamtu dengan menyisihkan rejekinya kepada yang membutuhkan serta menanamkan jiwa sosial masyarakat." Mereka belajar bagaimana kesusahan yang orang rasakan," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments