Selasa, 29 September 2020

SMP 4 Kota Jambi Berlakukan Jumat Shodaqoh


Jumat, 10 Mei 2019 | 14:23:21 WIB


SMP Negeri 4 Kota Jambi mengadakan Jumat Shodaqoh
SMP Negeri 4 Kota Jambi mengadakan Jumat Shodaqoh / Jainal Abidin

JAMBI- Pendidikan karakter sosial harus ditanamkan sajak dini terlebih pendidikan tersebut diajarkan dibangku sekolah sehingga para siswa dapat menjadi generasi yang baik, peduli terhadap lingkungan sekitar dengan menyisihkan rejekinya untuk lingkungan.

Hal inilah dilakukan SMP Negeri 4 Kota Jambi, sekolah setiap Jumat memberlakukan kotak infaq keliling di kelas- kelas. Mengajak para siswa untuk memberikan bantuan melalui rezekinya yang diterima untuk kepentingan pembangunan mushala sekolah.

" Kita saat ini tengah melanjutkan pembangunan mushalla Baitul Ilmi milik sekolah," ungkap Siswanto selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Negeri 4, Jumat (10/5).

Setiap hari Jumat para guru membawa kotak infaq ke dalam kelas, kemudian secara bergiliran para siswa secara suka rela memberikan bantuan tanpa paksaan dan angka nominal yang ditentukan. Sehingga para siswa tidak ada tekanan apabila tidak ingin memberikan.

" Alhamdulillah sejauh ini siswa antusias dalam memberikan, dan terkumpul setiap Jumatnya senilai Rp.600 ribu rupiah," jelasnya.

Setelah dana terkumpul, secara rutin sumbangan akan diumumkan setiap kelas yang nantinya akan digabungkan dengan kelas lainnya, pengumuman bertujuan agar dana yang terkumpul dapat diketahui.

"Jadi berapa- berapa bantuan infaq yang terkumpul," imbuhnya.

Dikatakan Pak Sis, kegiatan Jumat Shodakoh bertujuan mengajarkan siswa serta menanamkan nilai edukasi untuk berbagi dan peduli terhadap musala atau masjid. Terlebih rumah Allah yang menjadi tempat ibadah para umat muslim.

" Membiasakan diri peduli terhadap tempat ibadah," pungkasnya.

Selanjutnya ia berharap bantuan yang terkumpul setiap Jumatnya dapat membantu pembangunan mushalla sekolah yang saat ini tahap penyelesaian, dan dapat dimanfaatkan para siswa dengan semaksimal mungkin untuk kegiatan keagamaan.

" Tentunya kita berharap pembangunan mushala kita segera rampung, amin," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments