Rabu, 21 Agustus 2019

Hanya 14 Incumbent Kembali Terpilih


Senin, 13 Mei 2019 | 13:38:05 WIB


Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Jambi
Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Jambi / Sahrial

Berikutnya PKB meraih 4 kursi dengan perolehan suara 181. 438 suara, PKS meraih 4 kursi dengan perolehan 134.348. Lalu Nasdem meraih dua kursi di dapil Bungo-Tebo dan Batanghari Muarojambi dengan perolehan suara total 106.362.

Selanjutnya, PPP meraih 3 kursi yakni di dapil Sarolangun-Merangin, Dapil Batanghari-Muarojambi dan Dapil Kota Jambi. Hanura meraih dua kursi masing-masing di dapil BUte dan Sarolangun-Merangin. Terakhir Berkarya meraih 1 kursi dari dapil Kota Jambi.

Dari perolehan suara itu, dipastikan lebih dari separuh anggota DPRD Provinsi Jambi akan diisi wajah baru. Incumbent yang berhasil terpilih kembali hanya berjumlah 14 orang saja, dari 55 kursi yang ada. Artinya, 41 orang anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2019-2024 ini diisi wajah baru.

Incumbent yang mampu bertahan yakni, dari Dapil 1 Kota Jambi hanya ada nama Supriyanto dari PKS dan Budiyako dari Gerindra. Dari Dapil III, Sarolangun Kerinci juga hanya dua orang yang dipastikan bertahan, mereka yakni M Khairil dari Gerindra dan Zainul Arpan dari PDIP.

Mirisnya, dari Dapil II Muaro Jambi-Batanghari, dipastikan tak satupun incumbent yang masih bertahan. Seluruhnya tumbang dalam Pileg 2019 ini. Kemudian Dapil, Kerinci-Sungai Penuh ada satu nama incumbent yang berhasil lolos yakni Hasani Hamid dari Demokrat, sementara nama-nama lainnya berguguran.

Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments