Sabtu, 25 Mei 2019

101 Pejabat Fungsional Pemprov Jambi Dilantik


Senin, 13 Mei 2019 | 14:18:43 WIB


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto, Senin (13/5/2019) pagi, melantik 101 pejabat fungsional dari 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto, Senin (13/5/2019) pagi, melantik 101 pejabat fungsional dari 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto, Senin (13/5/2019) pagi, melantik 101 pejabat fungsional dari 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, yang berlangsung di aula BPSDM Provinsi Jambi.

Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS. Pasal 87, bahwa setiap PNS yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama dan kepercayaannya.

Dianto mengatakan bahwa saat ini pengembangan pola karir PNS tidak harus pada pejabat struktural, sehingga pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung adanya jabatan fungsional karena jabatan ini mempunyai butir kegiatan yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan secara spesifik berkaitan dengan hasil kerja sesuai peran, fungsi dan jabatannya.

"Maka diharapkan jabatan fungsional yang diberikan amanah mampu menjadi PNS yang mempunyai kompetensi, kinerja dan produktifitas yang tinggi, berintegritas dan berinovasi serta mengedepankan pelayanan publik," tuturnya.

Untuk mencapai itu semua, Dianto menyebut, pejabat yang dilantik harus responsif terhadap dinamika pembangunan yang bergerak cepat, dengan tetap memperhatikan azaz-azaz pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. 

"Serta selalu memperjuangkan terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa," sampainya.

Tantangan pembangunan kedepan semakin berat. Oleh karenanya, Dianto meminta perkuat koordinasi, bekerjalah dengan lebih semangat, efektif dan efisiensi serta ciptakan peluang dan inovasi untuk meningkatkan kapasitas Provinsi Jambi. 

"Dan yang terpenting adalah bekerjalah dengan penuh keikhlasan," ujarnya.

Selanjutnya, Dianto juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pejabat fungsional yang baru dilantik itu. "Saya berharap semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, serta dukungan pengembangan kompetensi diri, dedikasi dan integritas yang tinggi menuju birokrasi yang transparan dan akuntabel," ujarnya.

Ditanya apakah masih terdapat pejabat fungsional yang belum dilantik, Dianto mengatakan jika semua sudah dilantik. "Kemarin kan sebelum ini ada juga pelantikan-pelantikan yang langsung dilakukan oleh kepala BKD atau kepala OPD yang bersangkutan," jelasnya.

Ini dilakukan menurutnya, agar para pejabat fungsional untuk segera mengisi angka kredit yang nantinya dari angka kredit tersebut, mereka dapat naik jenjang sampai menjadi fungsional utama. 

"Seperti saat ini yang akan diperoleh bapak Samsirun selaku jabatan fungsional utama. Apabila hari ini beliau dilantik, maka akan diusulkan pangkatnya sama dengan pangkat tertinggi selaku ASN, yaitu pangkat 4e," kata Dianto.

Untuk diketahui, 101 pejabat fungsional itu terdiri dari jabatan fungsional dokter 2 orang, jabatan fungsional perencana 1 orang, jabatan fungsional pustakawan 1 orang, jabatan fungsional guru 17 orang, jabatan fungsional Pamong Praja 54 orang, dan jabatan fungsional polisi kehutanan 11 orang.

Kemudian pejabat fungsional penyuluh kehutanan 9 orang, jabatan fungsional pengawas lingkungan hidup 1 orang, jabatan fungsional pengendali dampak lingkungan 2 orang, jabatan fungsional entomolog kesehatan 1 orang, jabatan fungsional penyuluh kesehatan masyarakat 1 orang dan jabatan fungsional dokter utama 1 orang.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments