Minggu, 25 Agustus 2019

Soal PPDB, SMK Purnama 1 Kota Jambi Tunggu Petunjuk Disdik


Senin, 13 Mei 2019 | 22:08:21 WIB


kepala SMK Purnama 1 Kota Jambi Azrita
kepala SMK Purnama 1 Kota Jambi Azrita / metrojambi.com

JAMBI - Jelang dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020, sejumlah sekolah menyiapkan strategi dan sistem penjaringan yang akan dilakukan.

Seperti sekolah swasta yang dari tahun ketahun selalu minim dalam penerimaan murid baru, karena peluang di sekolah negeri sangat besar.

Kepala SMK Purnama 1 Kota Jambi, Azrita menyebutkan, pihaknya hingga kini masih menunggu dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi soal teknis dan sistem PPDB yang berlaku tahun ini.

"PPDB harus segera dibuka, tapi kita tetap menunggu petunjuk DIsdik. Untuk PPDB kali ini, kita lakukan sama seperti tahun sebelumnya," ungkap Azrita, Senin (13/5/2019).

Menurutnya, selama sekolah negeri jor-joran dalam menampung siswa yang tidak dibatasai seperti sebelumnya, maka sekolah swasta lambat laun akan mati dan tidak beroperasi karena tidak ada siswa yang mendaftar.

Karena tidak ada yang mendaftar, tentunya kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan. "Makanya dinas harus batasi daya tampung sekolah negeri," tegasnya.

Tujuannya, agar alumni SMP sederajat yang akan melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah atau kejuruan berkesempatan mendaftar di sekolah swasta.

Saat ditanya langkah dan strategi apa yang pihaknya lakukan dalam menarik minat siswa baru, Azrita menyebutkan, sejauh ini belum ada langkah khusus, sekolah hanya rutin melakukan sosialisasi dan memperkenalkan sekolah ke masyarakat."Seperti lewat spanduk dan iklan promosi," jelasnya.

Apalagi tahun ini pihaknya akan membuka jurusan yang tahun lalu belum diminati, seperti Jurusan Pertamanan dan jurusan yang sempat vakum karena jumlah siswanya tidak ada seperti Jurusan Akuntansi. "Kedua jurusan tersebut akan kita buka kembali," imbuhnya.

Azrita optimis kedua jurusan tersebut nantinya diminati siswa, karena melihat peluang di lapangan kedepannya sangat menjanjikan dan dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, dari tahun ke tahun, sekolah selalu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan agar lebih baik. "Sekolah kita siap bersaing dengan sekolah lain," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments