Sabtu, 25 Mei 2019

SMA 11 Kota Jambi Jadi Sekolah Kewirausahaan


Senin, 13 Mei 2019 | 22:37:30 WIB


Kepala SMA Negeri 11 Kota Jambi Irwansyah
Kepala SMA Negeri 11 Kota Jambi Irwansyah / metrojambi.com

JAMBI - Belum lama ini SMA Negeri 11 Kota Jambi ditunjuk Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai Sekolah Kewirausahaan. Penunjukan ini, karena SMAN 11 dinilai layak dan dapat mengembangkan potensi yang ada di lingkungan sekolah, sesuai kebutuhan dan peluang usaha ke depan.

Kepala SMA Negeri 11 Irwansyah menyebutkan, pihaknya belum lama ini pihaknya mengajukan proposal bantuan ke Kemendikbud dan diterima. Dirinya lalu dipanggil ke pusat untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi sebagai sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Kewirausahaan.

"Beberapa hari ke depan saya akan mengikuti Bimtek sekolah kewirausahaan," ujarnya, Senin (13/5/2019).

Sekolah kewirausahaan, menurutnya adalah sekolah yang memberikan peluang siswa dan guru mengembangkan potensi berwirausaha sesuai minat bakat. Apalagi sekolah bukan hanya mengembangkan potensi akademik juga mengembangkan potensi lainnya untuk lebih baik dan terus berkembang.

"Manfaatnya adalah, kita bisa sekalian menyiapkan siswa dalam kecakapan hidup," katanya.

“Menghadapi tantangan zaman dan kebutuhan pasaran, atau lebih dikenal entrepreneurship banyak dilakukan, salah satunya dengan mengembangkan kewirausahaan,” ujarnya menambahkan.

Untuk menjawab tantangan sebagai sekolah kewirausahaan, pihaknya mengambil potensi konveksi atau menjahit sesuai kebutuhan pakaian yang selalu dikenakan manusia dan perkembangan tata busana setiap waktunya mengalami perubahan yang lebih baik.

"Siswa kita akan belajar menjahit dan berwirausaha dalam konveksi," jelasnya.

Nantinya produk yang dihasilkan dapat dipasarkan di internal sekolah. Khusus untuk seragam sekolah, tidak lagi memesan dari luar. Ke depan, pihaknya juga akan menyediakan jasa konveksi untuk kebutuhan masyarakat.

"Sekolah akan gencar melakukan promosi di masyarakat," ungkapnya.

Dikatakannya sekolah juga akan terus menjalin relasi dan rekanan bisnis dalam dunia konveksi, untuk membantu sekolah dalam menjalankan kegiatan tersebut. "Kita yakin dan percaya nanti akan berkembang," paparnya.

Irwansyah berharap, kemampuan siswa dapat tergali dengan baik sesuai bimbingan tenaga ahli nantinya, terlebih peluang tersebut menjanjikan untuk perekonomian yang lebih baik.

"Minimal anak didik kita sudah punya skill dalam konveksi," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments